Friday, 20 Sep 2019
Temukan Kami di :
Peristiwa

Indonesia Bakal Protes Malaysia Soal Asap

Aisyah Isyana - 10/09/2019 19:45 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya akan melayangkan surat protes ke Malaysia atas tudingan bahwa Indonesia jadi penyebab munculnya asap di Malaysia.

“Saya akan menulis surat kepada Dubes untuk diteruskan kepada menterinya. Jadi saya kira supaya yang betul datanya. Karena apa? Karena pemerintah Indonesia betul-betul secara sistematis mencoba menyelesaikan ini dengan sebaik-baiknya. Tetapi memang harus jelas sumber dari mana, data dari mana. Polanya seperti apa,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Dia mengungkapkan hasil rapat bersama BMKG yang dipasktikan tidak ada asap lintas negara. Dia mengatakan pemerintah Indonesia terus melakukan pemantauan sejak 2 September malam hingga jelang 3 September pagi. Termasuk 4 sampai 8 September.

“Hotspotnya agak tinggi 8 September sehingga ada sedikit transboundary haze satu jam. Tapi sudah itu hilang lagi,” ungkapnya.

Dia menilai ada informasi yang tidak dibuka oleh Malaysia berkaitan dengan asap. Dalam hal ini bahwa sumber asap tidak semata-mata berasal dari Indonesia.

“Sebetulnya asap yang masuk ke Malaysia, ke Kuala Lumpur, itu dari Serawak kemudian dari Semenanjung Malaya. Dan juga mungkin sebagian dari Kalimantan Barat. Oleh karena itu seharusnya objektif menjelaskannya,” tuturnya.




Berita Lainnya

Kecelakaan Maut Tewaskan 5 Orang di Tol Pemalang

20/09/2019 08:05 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA