Wednesday, 13 Nov 2019
Temukan Kami di :
News

Bertemu Jokowi, Tokoh Papua Minta 10 Poin Aspirasi ini

Dewi Sari - 10/09/2019 14:00

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut hangat pertemuan antara tokoh Papua dan Papua Barat di Istana Negara, Jakarta.

Ketua Rombongan tokoh Papua dan Papua Barat, Abisai Rolla meminta sepuluh aspirasi ke Jokowi yang sudah 12 kali melakukan kunjungan Presiden ke Papua.

"Terima kasih sudah mengunjungi kami di Papua selama 12 kali. Selama masa bakti kepresidenan sejak 2014-2019. Semoga bapak diberkati oleh tuhan, diberikan kesehatan," ujar Abisai, Selasa (10/9/2019).

Adapun sepuluh aspirasi warga Papua ke Jokowi adalah meminta untuk adanya pemekaran provinsi di lima wilayah adat di Papua dan Papua Barat. Kemudian, Pembentukan Badan Nasional Urusan Tanah Papua.

Ketiga, penempatan pejabat eselon I dan eselon II di kementerian ke Papua. Pembangunan asrama nusantara di seluruh kota dan wilayah dengan menjamin mahasiswa Papua. Kelima, mengusulkan revisi Undang-Undang Otonomi Khusus dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020.

Keenam, menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) untuk pengangkatan aparatur sipil negara (ASN) Kolonel di Tanah Papua. Ketujuh, percepatan Palapa Ring Timur Papua. Kedelapan, yakni meminta Presiden Jokowi mengesehkan Lembaga Adat dan Anak Papua. Terakhir, agar membangun Istana Kepresidenan di Jayapura, Papua.

Abisai mengatakan dengan dibangunnya istana kepresidenan di Papua akan membuat warga Papua bahagia karena Presiden Jokowi tidak hanya berkunjung ke Papua melainkan telah berkantor di Tanah Cendrawasih tersebut.

"Kalau memindahkan istana ke Kalimantan, maka saya minta dengan hormat bangun istana di Papua. Sehingga Jokowi jadi Presiden pertama yang berkantor di Papua," tuturnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA