Friday, 20 Sep 2019
Temukan Kami di :
Bisnis

Bukan Hanya Dengan China, AS Lancarkan Perang Dagang ke 5 Negara

Indah Pratiwi - 09/09/2019 08:50

Beritacenter.COM - Perang dagang yang sengit antara China dan Amerika Serikat(AS) akhir-akhir ini menyedot banyak perhatian negara-negara di dunia.

Akibatnya, perekonomian dunia yang melambat jadi salah satu 'hasil' perang antara dua negara ini. Namun, rupanya, perang dagang 'musuh' AS dalam perdagangan tidak hanya dengan Tiongkok(China). Pemerintah AS juga melakukan perang dagang ke sejumlah negara-negara di dunia.

1. India
Pemerintah AS telah membuat tarif impor baja dan aluminium India mengalami naik berkali lipat. Imbasnya, negara tersebut memberlakukan tarif pada kacang-kacangan asal AS yang masing-masing melakukan perlawanan hingga tarif pajak 120 persen.

2. Turki
Tidak hanya dengan China dan India, AS juga mengenakan tarif impor dari Turki dengan porsi yang tidak main-main, 50 persen. Alhasil, Turki ikut menaikkan tarif pada barang asal AS yang meliputi kendaraan bermotor, minuman beralkohol, baja struktural, beras dan produk kecantikan.

3. Kanada
Tidak hanya negara di Asia, AS juga 'menyerang' negara tetangganya sendiri dengan menaikan barang dagang asal Kanda hingga 25 persen untuk impor baja dan 10 persen untuk impor aluminium. Kanada pun juga melakukan perlawanan dengan menaikan tarif pajak impor AS.

4. Meksiko
Tidak hanya Kanada, AS juga 'bermusuhan' dalam bidang politik, pertahanan dan perdagangan antara AS dan Meksiko. Hal ini terbukti saat Trump menetapkan tarif impor baja dan aluminium dari Meksiko, negara tersebut membalas tindakan AS dengan menaikkan tarif impor AS hingga mencapai 25 persen dengan total nilai USD 3 miliar. Tidak hanya itu, produk makanan seperti daging babi, kentang, apel, bourbon dan keju-kejuan juga terkena imbas perang dagang antara AS-Meksiko.

5. Uni Eropa
Uni Eropa rupanya juga menjadi sasaran perang dagang AS. Uni Eropa sendiri dikenai 25 persen barang yang masuk AS dengan total nilai USD 2,8 miliar. Hal ini dilakukan karena AS menerapkan tarif impor pada baja dan aluminium Eropa. Selain itu, AS juga mengalami imbas, motor Harley Davidson, kacang tanah, blue jeans, bourbon, baja dan aluminium juga mengalami kenaikan tarif pajak yang masuk ke Eropa.




Berita Lainnya

Saham-saham di Hong Kong Banyak Terjun Bebas

12/09/2019 09:15 - Indah Pratiwi

Ribuan Karyawan Rokok Kretek Terancam PHK

11/09/2019 07:39 - Indah Pratiwi

Perusahaan E-Commerce Bukalapak PHK Karyawan

11/09/2019 06:39 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA