Wednesday, 16 Oct 2019
Temukan Kami di :
News

Viral Medsos.. Kakek 86 Tahun Penjual Koran Ini Mantan Pengawal Bung Karno

Aisyah Isyana - 08/09/2019 20:07

Beritacenter.COM - Baru-baru ini, viral kakek penjual koran di Surabaya, Jawa Timur, yang mengaku sebagai mantan pengawal Presiden pertama RI, Soekarno. Kisah kakek mantan pengawal Bung Karno itu seketika viral usai dibagikan akun Youtube 'Cak Budi Official'.

Video berdurasi 14 menit itu memperlihatkan Cak Budi yang mewawancarai seorang kakek bernama Mbah Waris (86). Kakek penjual korban di lampu merah itu mengaku dirinya sebagai mantan pengawal Bung Karno.

Awalnya, Cak Budi mendapati mbah Waris tampak tertidur saat mangkal berjualan koran di lampu merah Panjangjiwo. Saat itu, Budi sempat menawari mbah Waris sarapan, namun beliau menolak lantaran mengaku sudah memakan ubi-ubian.

Baca juga :

"Saya gini dik, kalau pagi itu masih ndak seberapa. (Tapi) tempe goreng atau telo goreng itu udah kenyang. Karena dulu Bung Karno di Irian ya makannya itu (telo) jadi saya ngikut Bung Karno," kata Mbah Waris seperti dilihat di channel YouTube Cak Budi Official, Minggu (8/9).

Cak Budi sontak kaget mendengar pengakuan Mbah Waris yang ternyata pernah menjadi pengawal Bung Karno. Mbah Waris juga bercerita saat dirinya mengawal Bung Karno semasa hidupnya, salah satunya saat di Wonokromo hingga di Tugu Pahlawan.

"Kita itu pengawalnya Bung Karno dik, jadi di mana Bung Karno ada kita kawal Bung Karno. Jadi Bung Karno turun di Wonokromo sampai Tugu Pahlawan kita kawal. Sudah blenger berjuang," tutur Mbah Waris.

Saat ini, video itu telah ditonton 70 ribu kali di Youtube dan mendapat lima ribu like. Pada kolom komentar, banyak warganet yang terharu akan kisah dan perjuangan Mbah Waris yang hingga saat ini masih harus bekerja untuk membiayai kehidupan sehari-harinya.

Video berdurasi 14.14 menit yang diunggah di channel Cak Budi Official kini telah ditonton sekitar 67 ribu kali. Sedangkan di kolom komentar banyak netizen yang mengaku terharu dengan kisah dan perjuangan Mbah Waris.

"kakek dulu pengawalnya bung karno semoga setelah ini anak cucunya bung karno nonton vidionya cak budi agar bisa membantu kakek,yg selalu berjuang tak kenal lelah," tulis salah satu warganet di kolom komentar Youtube Cak Budi Official.

"Ya Allah, hati ini sakit melihat kakek yg sudah tua masih kerja dan cari uang...sehat terus ya kek..panjang umur dan lncar rizqinya...buat cak budi sukses terus dan semoga channelnya terus berkembang," tulis warganet lainnya.

"Pak presiden yang terhormat, tolong bantu kehidupan mereka yang ikut memperjuangkan Indonesia seperti mbah ini," tulis warganet lainnya lagi.

Sebagaiaman dilansir detik, Mbah Waris membenarkan jika dirinya pernah menjadi pengawal Bung Karno. "Nggih (iya), saya ikut Bung Karno keliling mulai dari Bali, Surabaya dan Jakarta waktu itu. Tapi saya lupa tahunnya kapan-kapannya," ujar Mbah Waris.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA