Sunday, 17 Nov 2019
Temukan Kami di :
Kriminal

Polri Gandeng Interpol Buru Veronica Koman Provokator Kerusuhan Papua

Anas Baidowi - 04/09/2019 16:19

Beritacenter.COM - Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Luki Hermawan mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Interpol untuk memburu Veronica Koman tersanka penyebar hoaks kerusuhan Papua Barat melalui media sosial.

"Kami akan bekerjasama dengan Interpol untuk mencari keberadaan tersangka," tutur Luki di Mapolda Jatim, Rabu (4/9).

Menurutnya, sebelum status veronica ditingkatkan menjadi tersangka, polisi sudah dua kali melakukan pemanggilan, namun, pendamping hukum mahasiswa Papua di Surabaya tersebut mangkir.

"Kami sudah melakukan panggilan dua kali sebagai saksi, namun tidak pernah hadir," tuturnya.

Diketahui, polisi menetapkan Veronica sebagai tersangka lantaran dianggap memprovokasi warga Papua dengan menyebarkan berita hoaks di dunia maya.

Kuasa Hukum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) itu dianggap ikut memprovokasi aksi pengepungan di Surabaya hingga memantik demonstrasi berujung rusuh yang terjadi di Manokwari, Papua Barat.

Aksi provokasi yang dilakukan Veronica itu dengan cara menyebar foto dan video terkait aksi kegiatan warga Papua dengan lewat akun Twitter pribadinya. Namun, konten-konten yang diunggah Veronica dianggap hoaks.

Dalam kasus ini, Veronica dijerat pasal berlapis. Di antaranya, UU ITE KUHP Pasal 160 KUHP. UU Nomor 1 Tahun 1946 dan UU Nomor 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Suku, Etnis dan Ras.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA