Sunday, 05 Apr 2020
Temukan Kami di :
News

Imbas Rusuh di Papua, Polisi: 31 Kantor, 15 Bank, 36 Kendaraan, dan 24 Kios Dirusak dan Dibakar

Fasilitas yang jadi sasaran yaitu baik fasilitas pribadi maupun pemerintahan, 31 fasilitas perkantoran dirusak dan dibakar, 15 unit kantor perbankan dirusak, 33 kendaraan roda dua dirusak dan dibakar, 36 kendaraan roda empat dirusak dan dibakar, dan 24 unit kios toko dirusak dan dibakar, 7 unit pos polisi dirusak dan dibakar

Aisyah Isyana - 03/09/2019 13:37

Beritacenter.COM - Aksi unjuk rasa massa yang berujung rusuh di Jayapura, Papua, membuat sejumlah fasilitas pemerintah, kendaraan, hingga pos polisi dirusak dan dibakar oleh massa. Polda Papua telah memetakan berbagai kerusakan yang terjadi akibat ricuh aksi massa.

"Mereka (massa rusuh) lakukan perusakan terhadap kantor MRP, kemudian sepanjang jalan dari Kotaraja sampai Jayapura melakukan perusakan pembakaran yang terjadi sepanjang Jalan Entrop kira kira 15 km," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes A.M Kamal kepada wartawan di Mapolda Papua, Jayapura, Papua, Selasa (3/9/2019).

Baca juga :

Massa aksi unjuk rasa berujung rusuh itu terjadi pada Kamis (29/8) lalu. Imbas dari aksi rusuh massa itu mengakibatkan kantor pemerintahan, hingga pos polisi dirusak dan dibakar. Ada sebanyak 31 perkantoran, 15 bank, 36 kendaraan dan 24 kios yang dirusak dan dibakar massa.

"Fasilitas yang jadi sasaran yaitu baik fasilitas pribadi maupun pemerintahan, 31 fasilitas perkantoran dirusak dan dibakar, 15 unit kantor perbankan dirusak, 33 kendaraan roda dua dirusak dan dibakar, 36 kendaraan roda empat dirusak dan dibakar, dan 24 unit kios toko dirusak dan dibakar, 7 unit pos polisi dirusak dan dibakar, 3 unit dealer dirusak dan dibakar," ucap Kamal.

Sejauh ini, Kamal menyebut pihaknya masih melakukan pendalaman terkait aktor intelek dibaik rusuh aksi massa tersebut. Kamal juga mengimbau agar masyarakat yang dirugikan atas rusuh aksi massa itu untuk melapork ke Polda Papua.

"Selain tim dibentuk untuk pemeriksaan para korban, itu 39 korban sudah lapor polda, kita sampaikan untuk kiranya para korban atas kerusakan barang dan sebagainya laporkan ke SPKT Polda Papua untuk segera mungkin ditindak lanjuti untuk mudahkan komunikasi," ungkapnya.

Pihak kepolisian sendiri sebelumnya telah menetapkan 30 tersangka demo berujung rusuh di Jayapura, Papua, Kamis (29/8). Para tersangka diketahui terlibat dalam aksi perusakan dan pembakaran bangunan serta perjarahan terhadap toko.

"Massa yang telah ditetapkan sebagai tersangka sebanyak 30 orang," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Sabtu (31/8/2019).




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA