Friday, 20 Sep 2019
Temukan Kami di :
Ekonomi

Jika Tak Mau Pindah ke Kaltim, PNS Bisa Pensiun Dini

Fani Fadillah - 26/08/2019 19:25

Beritacenter.COM - Bagi kamu para pegawai negeri sipil (PNS) atau ASN di pemerintah pusat bisa saja mengajukan pensiun dini jika tak mau pindah ke ibu kota baru Indonesia di wilayah Kalimantan Timur. Tapi ada syaratnya.

Syarat tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Pada Pasal 305, PNS yang mau mengajukan pensiun dini telah berusia 45 tahun dan masa kerja paling sedikit 20 tahun. Mereka ini dikategorikan PNS yang diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri.

"Pilihannya kalau normatif misalnya dia mengajukan pensiun dini. Jadi sepanjang dia umurnya minimal 45 tahun dan bekerja 20 tahun itu bisa mengajukan pensiun dini," kata Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Tapi pada dasarnya, lanjut Ridwan, PNS saat masih menjadi CPNS sudah diamanatkan untuk bersedia ditempatkan di mana saja. Seharusnya pindah ke Kaltim tak jadi masalah.

"Sejak mereka CPNS sudah ada sumpah jadi CPNS bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah NKRI. Jadi kalau cuma pindah ke Kalimantan rasa-rasanya ya nggak (menolak)," jelasnya.

Untuk tata cara pensiun diatur dalam Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 2 Tahun 2019 tentang Tata Cara Masa Persiapan Pensiun.

Penetapan pemberian masa persiapan pensiun yang diajukan oleh PNS dilakukan apabila PNS yang bersangkutan tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin, PNS yang bersangkutan tidak sedang dalam proses peradilan karena diduga melakukan tindak pidana kejahatan.

Selanjutnya PNS yang bersangkutan telah menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab jabatannya, dan tidak terdapat kepentingan dinas mendesak yang harus dilaksanakan oleh PNS yang bersangkutan.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA