Wednesday, 16 Oct 2019
Temukan Kami di :
Keuangan

Menkeu Akui Krisis Ekonomi Global Akan Terus Meluas

Indah Pratiwi - 26/08/2019 17:20

Beritacenter.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan, krisis ekonomi global bisa muncul dan membuat ekonomi Indonesia bisa tertekan. Risiko itu terjadi di antaranya akibat naiknya tensi politik Jepang-Korea, Argentina, dan Hong Kong, pembalikan kurva imbal hasil Amerika Serikat (AS), serta perang dagang AS-China yang terus meningkat.

"Kondisi-kondisi ini menyebabkan sumber risiko global makin meluas dan meningkat," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Dalam negeri khususnya Bank Indonesia (BI) sudah merespons dengan menurunkan BI 7-Days (Reverse) Repo Rate sebanyak 2 kali. Langkah ini bisa menekan pengaruh global kepada ekonomi domestik dan mendukung stabilitas keuangan dan ekonomi negara.

Selain itu, kata dia, Presiden Trump kembali menekan dengan menaikkan tarif impor barang dari China, serta pernyataannya terkait the Fed yang membuat sentimen negatif di pasar global.

"Hal ini tergambar pada kenaikan indeks volatilitas secara signifikan untuk itu mewasapadai gejolak ekonomi global perlu dilakukan," tegasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA