Wednesday, 18 Sep 2019
Temukan Kami di :
Nasional

4 Pati Polri Lolos Profile Assessment, Pansel KPK: Tak Ada Pengistimewaan, Kami Pilih dengan Integritas Tinggi

Lukman Salasi - 23/08/2019 20:40

BeritaCenter.COM – Pansel capim KPK telah mengumumkan nama-nama yang lolos seleksi profile assessment. Dari daftar 20 orang yang dinyatakan lolos, terbanyak dari unsur Polri yaitu 4 orang.

Mereka adalah Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Irjen Pol Antam Novambar, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Firli Bahuri, Wakil Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Sri Handayani, dan Mantan Kapolda Sumatera Barat Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto.

16 orang lainnya yang lolos dari unsur jaksa sebanyak tiga orang, dosen juga tiga orang. Sedangkan komisioner dan pegawai KPK tersisa satu orang. Selebihnya dari berbagai latar belakang profesi seperti karyawan BUMN, auditor BPK, penasehat Menteri Desa, advokat, pensiunan jaksa, PNS Seskab, dan PNS Kemenkeu.

Meski daftar capim yang lolos tersebut didominasi unsur Polri dan Jaksa, Pansel menegaskan tidak ada pengistimewaan terhadap capim KPK dari dua intitusi itu. Pansel memilih kandidat yang lolos berdasarkan integritas yang tinggi.

"Nggak adalah (pengistimewaan). Pansel mencoba memilih dengan integritas tinggi dan kita akan tanggung jawab kepada presiden dan pada publik," terang Hendardi, Jumat (23/8/2019).

Menurut Hendardi, pansel tidak main-main dalam meloloskan para capim. Dia juga memastikan seleksi capim KPK periode 2019-2023 tidak ada istilah jata-jatahan.

"Kita nggak main-main. Kita tahu ini bukan kerjaan yang main-main ya," ujar dia.

"Kami nggak ada kuota polisi harus begini, jaksa harus begini,” tegasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA