Friday, 20 Sep 2019
Temukan Kami di :
News

Polisi Ringkus 3 Tersangka Terkait Kericuhan di Manokwari Papua Barat

Aisyah Isyana - 23/08/2019 18:35

Beritacenter.COM - Sebanyak tiga tersangka penjarah anjungan tunai mandiri (ATM) serta pembakar bendera Merah-Putih di Papua, berhasil ditangkap polisi. Insiden itu terjadi saat kerusuhan di Manokwari, Papua Barat.

"Hari ini kami sudah mengamankan tiga orang pelaku, dua orang adalah tersangka penjarahan ATM yang berada di depan kantor Majelis Rakyat Papua (MRP). Ada ATM yang dirusak diambil isinya lalu dibakar," ujar Kapolda Papua Barat Brigjen Herry Rudolf Nahak dikutip Antara, Jumat (23/8/2019).

Baca juga :

Herry mengatakan, dua tersangka berinisial MA dan DA mengakui perbuatan mereka atas penjarahan di ATM. Sementara satu tersangka lainnya, MI, terduga pelaku pembakaran bendera Merah-Putih saat terjadi kericuhan. Ketiga tersangka itu merupakan warga Manokwari.

Investigasi lebih lanjut guna meringkus pelaku tindak pidana lainnya saat kerusuhan masih terus dilakukan jajaran Polda Papua, sebagaimana intruksi Presiden Joko Widodo, Menko Polhukam Wiranto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Tidak mungkin ada pembakaran kantor MRP yang kami biarkan begitu saja. Unjuk rasa beda dengan membakar," sambung Herry.

Herry menambahkan, para tersangka yang ditangkap merupakan pelaku tindak pidana, bukan pelaku unjuk rasa. Menurutnya, pelaku tindak pidana memanfaatkan situasi saat terjadi kekacauan, hingga sulit dibedakan dengan pelaku unjukrasa yang menyampaikan pendapat dimuka umum.

Sementara itu, untuk kerugian atas kericuhan yang terjadi di Papua Barat, Herry mengaku memerlukan waktu untuk menggolongkan kerugian karena tingkat kerusakannya berbeda-beda.

"Saya sudah ada data, tetapi saya minta waktu untuk digolongkan sesuai kerusakan," ujar dia.




Berita Lainnya

Papua Berduka, Gubernur Pertama Papua Barat Wafat

20/09/2019 10:24 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA