Wednesday, 18 Sep 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Berikut Profil 4 Capim KPK dari Polri yang Lolos Profile Assessment

Lukman Salasi - 23/08/2019 17:10

BeritaCenter.COM – Panitia seleksi calon pimpinan KPK telah mengumumkan nama-nama capim yang lolos seleksi profile assessment. Dari 40 peserta hanya 20 orang yang dinyatakan lolos.

"Dari 40 orang peserta yang hadir mengikuti profile assesment calon pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023, yang dinyatakan lulus profile assesment sebanyak 20 orang," kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih di lobby Kantor Kemensetneg, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

"Nantinya setelah dinyatakan lolos, peserta wajib mengikuti tes kesehatan pada 26 Agustus 2019, wawancara dan uji publik 27-29 Agustus 2019," terang Yenti.

Dari daftar 20 orang yang dinyatakan lolos, 4 di antaranya berasal dari unsur Polri yakni Irjen Pol Antam Novambar, Irjen Pol Firli Bahuri, Brigjen Sri Handayani, dan Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto.

Berikut profil 4 anggota Polri yang lolos profile assessment:

1. Irjen Pol Antam Novambar

Antam Novambar yang kelahiran November 1962 ini Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.

Sempat mengenyam pendidikan di Taruna Bakti Bandung, Jawa Barat. Antam merupakan lulusan AKPOL 1985. Karirnya selama 33 tahun di Polri didominasi di bidang reserse.

Dalam perjalanan kariernya, Ia pernah menjabat sebagai Dirkrimum Polda Maluku tahun 2007. Lama bertugas di Indonesia Timur, ia langsung menjadi penyidik Di Diretktorat Kriminal Khusus Bareskrim.

Karir cemerlangnya mengantar Antam menjadi Dirkrimum Polda Bali. Hingga akhirnya ia bertugas di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Berkat prestasinya, ia langsung mendapat pangkat jenderal di Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri hingga ditunjuk sebagai Wakabaraskrim dengan job bintang dua. Total, ia sudah tiga tahun mengemban jabatan itu.

Prestasi gemilang lainnya didapat Antam selama berkarir di Korps Bhayangkara. Pada 2017, Antam memperoleh penghagaan Bintang Bhayangkara Pratama dari Presiden Joko Widodo.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi karena telah menjalankan tugas tanpa catatan buruk selama 20 tahun masa pengabdiannya.

2. Brigjen Bambang Sri Herwanto

Bambang merupakan mantan Kapolda Sumbar. Bambang juga pernah menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana PTIK-STIK. Ia kini bertugas sebagai Widyaiswara Madya, Sespim Lemdiklat Polri.

3. Brigjen Sri Handayani

Brigadir Jenderal (Brigjen) Sri Handayani kini menjadi wakil Kapolda Kalimantan Barat. Sri lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 14 April 1962.

Ia adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 8 Maret 2018 mengemban amanat sebagai Wakapolda Kalbar.

Lulusan Sepamilsuk Polri 1986 ini berpengalaman dalam bidang pendidikan Polri. Jabatan jenderal bintang satu adalah Kasetukpa Polri.

Dalam perjalanan kariernya, ia sempat menjabat di beberapa posisi, seperti Kabag Wat Ditpers Polda Metro Jaya (2001), Wakapolres Metro Jaksel (2003), Kapolres Sragen Polda Jateng (2006), Kapolres Karanganyar Polda Jateng (2009), Kasepolwan Lemdikpol pada (2010), Analis Kebijakan Madya bidang Gadikwa Robindiklat Polri (2014), dan Wakapolda Kalbar (2018).

4. Inspektur Jenderal Firli Bahuri

Irjen Firli Bahuri kini menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan. Ia lulusan Akpol 1990. Sebelumnya, ia pernah menjadi Deputi Penindakan KPK.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA