Friday, 15 Nov 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Inilah 3 Manfaat Jagung Ungu Untuk Kesehatan Anda

Dewi Sari - 22/08/2019 14:56

Beritacenter.COM - Jagung Ungu adalah spesies jagung yag sama dengan jagung biasa, tetapi menghasilkan biji dengan warna ungu hingga ke dalam. Jagung jenis ini dikenal memiliki kandungan antioksidan lebih kuat, anti-inflamasi dan bahkan mencegah kanker.

Jagung ungu merupakan varietas yang belum populer di Indonesia, jagung itu banyak dikembangkan di Amerika Selatan tepatnya di pegunungan Andes. Sementara di Indonesia, selain Manado dan Palu, jagung ungu dibudidayakan sejak dulu oleh masyarakat Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya. Meksi tumbuh di dataran rendah, jagung ungu justru ditanam pada Kawasan berbukit.

Jagung ungu memiliki tiga kandungan antioksidan kuat yaitu Peonidin, Pelargonidin dan Cyanidin -3 Clucoside.

Berikut tiga manfaat utama yang luar biasa jika mengkonsumsi jagung ungu bagi kesehatan.

Sifat anti kanker

Para peneliti di Ohio State University, menemukan bahwa anthocyanin yang diekstrak dari jagung ungu, mampu membunuh 20% sel kanker in vitro. Mereka membandingkannya hasilnya tersebut dengan anthocyanin dari berbagai sumber tanaman lain, seperti lobak, anggur, wortel ungu, dan buah beri yang lebih tua.

Obesitas

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Doshisha di Jepang, mengamati potensi anti-obesitas dari jagung ungu anthocyanin C3G. Para peneliti menemukan bahwa diet C3G terbukti dapat mencegah obesitas pada tikus. Harapannya adalah hasil serupa bisa dicapai oleh manusia pada studi lebih lanjut

Sifat anti-inflamasi (Peradangan)

Sebuah penelitian dilakukan di Universitas Tokai Gakuen di Jepang, menemukan bahwa C3G, manfaat yang diyakini melekat pada anthocyanin,juga memiliki sifat anti inflamasi kuat. Inflamasi adalah efek sakit yang disebabkan karena terjadinya peradangan di bagian tubuh tertentu. Bisa itu karena cidera atau tidak normalnya jaringan di bagian titik tertentu tubuh.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA