Wednesday, 18 Sep 2019
Temukan Kami di :
News

Jokowi Imbau Semua Pihak Tak Terprovokasi dan Menahan Diri soal Kondisi Papua

Presiden mengimbau agar semua pihak menahan diri, tidak memprovokasi, dan bersama-sama menciptakan rasa damai bukan hanya di Papua tapi juga di Indonesia

Aisyah Isyana - 21/08/2019 19:10

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau semua pihak agar menahan diri dan tidak terprovokasi terkait kerusuhan yang terjadi disejumlah tempat di Papua dan Papua Barat beberapa hari terakhir.

"Presiden mengimbau agar semua pihak menahan diri, tidak memprovokasi, dan bersama-sama menciptakan rasa damai bukan hanya di Papua tapi juga di Indonesia," kata Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP), Jaleswari Pramodhawardani, kepada wartawan, Rabu (21/8/2019).

Baca juga :

Aksi massa yang belakangan terjadi di Papua ini terjadi menyusul insiden asrama mahasiswa Papua di Surabaya. Adanya perkataan berbau rasialis diduga menjadi pemicu kemarahan massa di Papua. Terkait hal itu, Gubernur Jatim Khofifah Indra Parawansa, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan Wali Kota Malang Sutiaji, telah menyampaikan permintaan maaf.

"Permintaan maaf adalah simbol bahwa kita adalah sesama saudara, yaitu Indonesia, jangan sampai insiden ini membuat kita sebagai bangsa pecah," kata Dani, sapaan Pramodhawardani.

Sementara itu, Jokowi sendiri telah melakukan beberapa langkah terkait penindakan hukum, yakni pertama memerintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas pemicu kerusuhan, pelaku kekerasan, penyebar hoax, dan pihak yang memobilisasi kerusuhan.

Selanjutnya kedua, kementerian dan lembaga dinyatakan telah bergerak cepat sesuai arahan Jokowi. Kementerian Sosial telah mengidentifikasi fasilitas umum yang rusak dan terbakar. Menteri Dalam Negeri sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jatim, Papua, dan Papua Barat untuk menyelesaikan persoalan di masing-masing wilayah.

"Intinya, Semua bergerak berdasarkan arahan Presiden. Arahan presiden jelas dan tegas, bukan hanya permintaan maaf saja, namun juga diikuti oleh tindakan tegas dan terukur baik soal keamanan maupun pelayanan kesejahteraan," tutur Dani.

Sementara itu, Jokowi rencananya akan bertolak ke Papua pada bulan depan. Hari ini, Jokowi sendiri tengah berada di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Di Kupang, Presiden mengatakan akan ke Papua bulan depan. Sepengetahuan saya, di setiap kunjungan Presiden ke Papua dan Papua Barat, Presiden selalu berdialog dengan tokoh gereja, tokoh adat, dan tokoh masyarakat Papua," tuturnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA