Wednesday, 18 Sep 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

LAPAN Beri Tanggapan Soal Isu Bumi Datar Yang Menjadi Konspirasi NASA

Indah Pratiwi - 20/08/2019 13:06

Beritacenter.COM - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional(LAPAN) menanggapi isu bumi datar yang menjadi konspirasi Badan Antariksa Amerika Serikat(NASA) saat melakukan pendaratan di Bulan.

"Jadi saya sempat menanggapi orang yang menganggap bahwa Bumi itu datar, termasuk juga diundang ke LAPAN karena mereka di media sosialnya menyatakan menantang NASA untuk berdebat. Saya waktu itu ya tidak usah jauh-jauh ke NASA, kalau mau berdebat ya dengan LAPAN saja," kata Ketua LAPAN Thomas Djamaluddin, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Dia menceritakan, mereka yang tidak percaya bahwa bumi bulat lantaran keberadaan adanya gravitasi. "Akhirnya saya jelaskan, masalah utama anggapan bahwa Bumi datar termasuk tidak percaya adanya satelit, itu ketidakpercayaan pada keberadaan gravitasi," lanjut dia.

Pihak LAPAN menegaskan, Bumi dan benda-benda langit lainnya seperti planet berbentuk bulat dan semua memiliki gravitasi. Oleh sebab itu, manusia dengan wahana satelitnya bisa menyaksikan langsung benda-benda planet di langit.

Apabila masyarakat, kata dia, masih ada yang berpikir bahwa Bumi itu berbentuk datar, publik harus diberikan edukasi soal aspek sains dan bagaimana mereka memperoleh informasi yang akurat.

"Internet sekarang ini bisa digunakan untuk mencari ilmu tapi bisa juga digunakan untuk membohongi. Oleh karenanya, publik harus dilatih juga mengambil mutiara diantara sampah-sampah yang bertebaran di internet," jelasnya.




Berita Lainnya

Mengerikan, Jepang Kembangkan Manusia Hewan

16/09/2019 13:50 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA