Wednesday, 18 Sep 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

Awas, Ada Puluhan Malware Bersarang di Play Store

Indah Pratiwi - 20/08/2019 10:14

Beritacenter.COM - Layanan aplikasi Google Play Store sekali lagi menjadi target malware oleh para peretas.

Dilansir TrendMicro, ada 85 aplikasi Android populer menyembunyikan perangkat lunak periklanan yang disebut "AndroidOS_Hidenad.HRXH".

Perangkat tersebut diam-diam menampilkan iklan mengganggu di layar ponsel smartphone Anda. Fatalnya, malware tersebut telah diunduh lebih dari 8 juta kali sebelum Google melakukan intervensi.

Laporan yang dirilis pada 16 Agustus 2019, peneliti keamanan Trend Micro menyebutkan, mereka telah menemukan keberadaan malware adware baru di layanan Play Store. Salah satunya malware AndroidOS_Hidenad.HRXH yang melanggar peraturan yang ditetapkan oleh Google untuk menampilkan iklan di smartphone korbannya, meskipun layarnya dalam keadaan siaga.

Selain itu, dilansir Laman GSM Arena menyebutkan, iklan-iklan ini seringkali mencegah pengguna menggunakan ponsel mereka dengan benar sehingga mengalami kesulitan untuk mentutup iklan tersebut. Menurut TrendMicro, beberapa iklan bahkan memblokir smartphone yang terinfeksi selama lebih dari 5 menit saat video iklan selesai.

Hal ini memungkinkan para peretas menghasilkan pendapatan iklan sebelum terlihat. Ini sudah teknik yang digunakan oleh periklanan malware Android yang terlihat oleh Avast pada awal 2019.




Berita Lainnya

Mengerikan, Jepang Kembangkan Manusia Hewan

16/09/2019 13:50 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA