Wednesday, 18 Sep 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

Pengguna Ponsel Nantinya Bisa Blokir Smartphone Yang Dicuri atau Hilang

Indah Pratiwi - 19/08/2019 10:45

Beritacenter.COM - Ponsel smartphone yang hilang rencananya akan bisa diblokir oleh penggunanya. Aturan itu tertuang dalam draft Peraturan Menteri(Permen) terkait Pembatasan Akses Layanan Telekomunikasi Bergerak Seluler.

"Pengguna dapat mengajukan permohonan pembatasan akses layanan jaringan telekomunikasi seluler untuk Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang dilaporkan hilang dan/atau dicuri kepada pengelola Sistem Informasi Basis Data IMEI Nasional melalui Penyelenggara," demikian tertulis dalam draf UU Aturan IMEI, Jumat (16/8).

Apabila ponsel hilang dan dicuri tersebut ditemukan, pengguna bisa meminta operator untuk mencabut pemblokiran nomor IMEI tersebut untuk mengaktifkannya kembali.

Dalam proses permohonan penghentian pembatasan akses jaringan, operator diperbolehkan untuk mengenakan biaya. Sehingga, pengguna mesti membayar jika ingin menghentikan pemblokiran. Kedua hal tersebut tercantum pada pasal 8 ayat 2 dan 3 aturan IMEI yang telah tertuang dalam Permen tersebut.

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo Ismail sebelumnya menyebutkan, IMEI ponsel curian bisa diblokir setelah masyarakat membuat laporan kepada polisi terlebih dahulu.

"Kalau ponsel tercuri, masyarakat bisa buat laporan polisi. Berdasarkan laporan itu, ponsel tidak bisa digunakan untuk akses kartu SIM mana pun," kata Ismail pada Juli 2019 lalu.




Berita Lainnya

Mengerikan, Jepang Kembangkan Manusia Hewan

16/09/2019 13:50 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA