Wednesday, 18 Sep 2019
Temukan Kami di :
Ekonomi

Begini Harapan Warga di HUT Kemerdekaan RI ke-74

Indah Pratiwi - 16/08/2019 10:27

Beritacenter.COM - Harapan demi harapan di Hari Ulang Tahun(HUT) Kemerdekaan RI ke-74 terus bergulir dari masyarakat terhadap pemerintah. Salah satunya penyediaan lapangan kerja dan harga-harga sembako yang murah.

Menurut warga pesisir di Kalibaru, Celincing, Jakarta Utara, ibu Rohma(46) yang bekerja sebagai buruh kupas kerang hijau menyebutkan, bahwa dirinya berharap di usia Indonesia yang ke-74 ini rakyat miskin dan hidup di bawah garis kemiskinan bisa sejahtera.

“Berat memang kalau seperti saya yang hanya bisa mengharapkan dari hasil kupas kerang saja, padahal kebutuhan hidup tinggi,” ujar Rohma, 46, buruh kupas kerang hijau, Kamis (15/8/2019). “Suami saya kerjanya serabutan dengan hasil tidak tetap.”

Di hari HUT Kemerdekaan Indonesia ini dia berharap pemerintah untuk lebih menyediakan lebih banyak lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia khuusnya warga pesisir pantai. “Khususnya untuk warga yang ada di pesisir seperti kami ini,” ucapnya.

Ibu Rohma(46) yang bekerja serabutan bersama suaminya ini hanya memperoleh penghasilan tidak lebih dari Rp20 ribu perhari. Terkadang ada penghasilan dan terkadang tidak dapat penghasilan tergantung dari tangkapan kerang hijau.

“Itu pun kalau tangkapan kerang banyak. Kalau lagi musim angin barat. Tangkapannya sedikit, jadi kupasan kerang pun tidak banyak. Bahkan kadang kosong,” tuturnya.

Rohma mengaku kehidupan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari ia sering mengutang pada orang lain. “Tahulah hidup semakin hari makin susah,” keluhnya.

Ibu Rohma tidak sendiri hidup di bawah garis kemiskinan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik(BPS) Maret 2019 penduduk Indonesia yang masih hidup di garis kemiskinan terdapat 25,14 juta orang.

Meski demikian, pemerintah telah berupaya untuk menurunkan jumlah masyarakat miskin dengan program-program Kartu Indonesia Pintar(KIP), Kartu Indonesia Sehat(KIS) dan program lainnya untuk bantuan sosial guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA