Friday, 20 Sep 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Kayu Asli Kalimantan Ini Kabarnya Bisa Sembuhkan Kanker Payudara

Indah Pratiwi - 15/08/2019 12:07 Kayu Bajakah

Beritacenter.COM - Kayu asli Kalimantan ini bernama kayu Bajakah yang diyakini oleh orang-orang suku Dayak bisa mengobati penyakit kanker. Kayu Bajakah menjadi populer setelah pelajar Indonesia meraih mendali emas di Korea Selatan yang meneliti manfaat kayu Bajakah.

Akan tetapi, sayangnya kayu Bajakah beragam banyak jenisnya dan belum diketahui jenis kayu Bajakah mana yang dimaksud.

Di media sosial sendiri banyak orang-orang memburu kayu Bajakah. Tidak tanggung-tanggung, kayu tersebut dijual cukup fantastis antara 50 ribu sampai 200 ribu rupiah perkantongnya tergantung beratnya.

"Obat Tradisional Khas Dayak Asli Kalteng 'BAJAKAH-BAJAKAH' Peninggalan nenek moyang kami yang sudah turun temurun. Bisa menyembuhkan/mengobati penyakit luar maupun dalam. Antara lain; Semua jenis kanker, kanker payudara, tumor ganas, benjolan-benjolan," isi tulisan di kemasan tersebut.

Menanggapi hal itu, pihak peneliti B2P2TOOT( Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman dan Obat Tradisional) belum mendapatkan konfirmasi mengenai kayu Bajakah mana yang dimaksud untuk mengobati penyakit kanker payudara maupun penyakit kanker lainnya.

"Peneliti B2P2TOOT (Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional) belum dapat info fix. Kayu ini banyak jenisnya. Nah, Bajakah yang mana yang dimaksud belum jelas."

Di lain pihak, dr. Prapti Utami M.Si yang merupakan pakar Herbal menyebutkan efek Bajakah Tunggal terhadap pengobatan kanker perlu didalami lagi. Alasannya, banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesembuhan dari pengidap kanker.

"Kanker itu tidak tergantung dari herbal saja, pola makan, pola pikir dan aktivitas fisik. Jika akan diteliti lebih lanjut ini menjadi pengharapan, tapi tetap menjadi bagian dari banyak faktor yang berpengaruh," kata dia.




Berita Lainnya

5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

19/09/2019 05:40 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA