Friday, 06 Dec 2019
Temukan Kami di :
Internasional

Negara-negara Pasifik Mulai Berani Lancang Dengan Indonesia Atas Papua

Indah Pratiwi - 13/08/2019 10:00

Beritacenter.COM - Pemerintah Indonesia menunjukan kemarahannya terkait acara Forum Kepulauan Pasifik(PIF) yang mengangkat isu pelanggaran Hak Asasi Manusia(HAM) dengan menghadirkan pentolan separatis Papua, Benny Wenda.

Dilansir The Guardian, Juru Bicara Indonesia menegaskan, pemerintah tidak senang dengan isu masalah papua barat yang masuk ke dalam agenda resmi di pertemuan forum yang berlangsung di Tuvalu.

BACA JUGA

“Perkembangan di Papua dan provinsi Papua Barat adalah murni urusan dalam negeri Indonesia. Tidak ada negara, organisasi, atau individu lain yang memiliki hak untuk ikut campur di dalamnya. Kami dengan tegas menentang intervensi urusan internal Indonesia dalam bentuk apa pun," kata salah seorang jubir Indonesia yang tidak disebutkan namanya, Senin(13/8/2019).

Dalam jadwal tersebut, delegasi Papua tiba di forum tersebut pada akhir pekan ini. Perdana Menteri(PM) Tuvalu Enele Sapoga dan Sekjen PIF Dame Meg Taylor mengaku tidak tahu apa yang terjadi.

Australia dan Selandia Baru sempat dituding sebagai pengkritik isu Papua terkait pelanggaran HAM. Atas tudingan itu, pihak Australia pun menepis bahwa negaranya justru mendukung penuh kedaulatan Indonesia atas wilayah Papua meski negara-negara kepulauan Pasifik cenderung mendukung gerakan separatis.

"Australia mengakui kedaulatan Indonesia atas provinsi Papua, sebagaimana dinyatakan dalam Perjanjian Lombok tahun 2006. Australia tidak akan mendukung upaya yang melemahkan kedaulatan Indonesia atas Papua dalam forum apa pun dan tidak akan mengaitkan dirinya dengan berkomunikasi dengan PIF terkait efek itu," kata pemerintah Australia melalui seorang juru bicaranya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA