Thursday, 22 Aug 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

Ternyata Belum Berakhir, Virus Ransomware Berkembang Semakin Canggih

Indah Pratiwi - 13/08/2019 08:47

Beritacenter.COM - Sebuah penelitian menemukan ransomware, program jahat yang biasanya digunakan untuk merebut kendali sebuah perangkat komputer untuk meminta tebusan kini bisa mengendalikan semua kamera DSLR.

Hal ini diungkapkan pihak software keamanan dari Checkpoint, Eyal Itkin. Dalam laman resminya, mereka menunjukkan cara menginstall malware menggunakan remote di kamera DSLR berdasarkan metode transfer gambar yang sudah ada. Metode tersebut adalah Picture Transfer Protocol.

Dalam keterangannya, Picture Transfer Protocol merupakan metode paling ideal untuk menyebarkan malware ke kamera DSLR karena metode ini tidak terotentikasi sistem keamanan perangkat dan bisa menggunakan koneksi WiFi maupun USB.

Lebih bahayanya, seseorang dengan access point WiFi yang sudah terinfeksi bisa mengirimkan malware tersebut ke targetnya secara nirkabel, dan bahkan bisa menyebarkan malware tersebut ke PC milik korban dan lainnya.

Dalam contohnya, bagaimana ransomware bisa menginfeksi satu unit Canon EOS 80D melalui WiFi, dan mengenkripsi foto yang tersimpan di kartu SD-nya, sehingga si korban tak lagi bisa mengakses foto tersebut sehingga terjadi permintaan tembusan.

Salah satu perangkat kamera bisa menjadi target potensial bagi hacker, karena menyimpan banyak foto pribadi yang mungkin berharga bagi pemiliknya.

Beruntung, Checkpoint sudah melaporkan pada pihak Canon pada Maret lalu, dan kedua perusahaan itu sudah mengembangkan formula penanganannya sejak Mei lalu.

Saat ini, pihak Canon sudah memperingkatkan penggunanya agar menghindari koneksi ke jaringan WiFi yang tak aman, mematikan fungsi jaringan di kameranya saat tak digunakan. Selain itu, pihak Canon juga meminta pada penggunannya agar mengunduh perangkat keamanannya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA