Friday, 06 Dec 2019
Temukan Kami di :
Peristiwa

Hutan di Gunung Sumbing Kebakaran

Indah Pratiwi - 13/08/2019 06:10

Beritacenter.COM - Ada 8 hektare hutan Gunung Sumbing di wilayah Desa Banyumudal, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo, terbakar. Berdasarkan informasi, lokasi kebakaran berada di lereng selatan Gunung Sumbing tepatnya di wilayah Perhutani BKPH Kedu Utara.

Dugaan sementara asal api berasal dari Desa Butuh, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Kemudian kobaran api menjalar ke arah barat hingga membakar hutan di wilayah Banyumudal.

Mengetahui adanya kebakaran tim SAR Gabungan bersama warga Banyumudal langsung melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya.

“Penyebabnya sumber api dari lahan milik masyarakat meluas ke dalam kawasan hutan,” kata Kepala Pelaksana (Kalaks) Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Sudaryanto.

Saa ini titik api berada di wilayah Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo, pada Minggu 11 Agustus 2019 sore. Angin kencang dan kayu kering serta dedaunan membuat kobaran api cepat luas hingga ke arah barat hutan Gunung Sumbing.

"Sementara masih terkendala oleh kabut tebal dan minimnya sarana prasarana serta terbatasnya personel," lugas Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo.




Berita Lainnya

Miangas Sulawesi Utara Diguncang Gempa

05/12/2019 23:48 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA