Tuesday, 22 Oct 2019
Temukan Kami di :
Ekonomi

Soal Potong Gaji Pegawainya, Ini Klarifikasi Plt Dirut PLN

Indah Pratiwi - 10/08/2019 03:14

Beritacenter.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani, membantah akan memotong gaji karyawan PLN sebagai untuk kompensasi yang harus dibayar PLN akibat listrik padam.

“Kepada insan PLN jangan khawatir. Mari fokus bekerja melayani masyarakat. Manajemen tidak akan melakukan pemotongan yang berkaitan dengan kompensasi kepada pelanggan,” ujar Sripeni, Jumat(9/8/2019).

Mekanisme ini, kata dia, sudah diatur pemerintah. Kompensasi tersebut diberikan karena tingkat mutu pelayanan tidak terpenuhi. Artinya sebagai perusahaan publik yang harus memastikan masyarakat menikmati tingkat layanan tertentu, maka apabila tidak berhasil, PLN harus memberikan kompensasi tersebut.

"Kami tegaskan bahwa tidak ada relevansi antara gaji dan kompensasi" tegasnya.

Kompensasi itu, tambah dia, dalam bentuk nontunai sesuai hukum dan peraturan mengacu kepada Permen ESDM Nomor 27 tahun 2017. "Caranya dengan memberikan kompensasi berupa pengurangan tagihan listrik yang harus dibayar di bulan berikutnya," kata dia.

Sebelumnya, isu pemangkasan gaji pegawai disampaikan oleh Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN, Djoko Raharjo Abumanan. Mantan Plt Dirut PLN itu, pembayaran kompensasi kepada pelanggan akan menyebabkan keuangan PLN negatif sehingga mau tidak mau gaji pegawai harus dikurangi.

"Iya, (keuangan) negatif makanya harus hemat lagi nanti. Nah, gaji pegawai kurangi, kira-kira begitu," ucap Djoko usai rapat di gedung DPR.




Berita Lainnya

Darmin Ngaku Soal Harga Beras Bikin Pusing

19/10/2019 01:13 - Indah Pratiwi

Sertifikasi Halal Tidak Lagi Melalui MUI

16/10/2019 21:07 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA