Friday, 06 Dec 2019
Temukan Kami di :
Politik

Inilah Dua Tokoh Yang Akan Gantikan Sosok "Jokowi" di Pilpres 2024

Indah Pratiwi Budi - 09/08/2019 09:52

Beritacenter.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dinilai bisa menggantikan sosok Joko Widodo untuk diusung oleh PDI Perjuangan di Pemilu 2024.

"Pak Ganjar punya panggung sebetulnya karena Gubernur, bisa jadi batu lompatan menunggu tangga Pilpres 2024," ujar Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Pangi Syarwi Chaniago, Minggu (4/8).

Pangi mengatakan, Politisi asal Jawa Tengah itu merupakan figur yang memungkinkan sebagai pengganti Jokowi. Maka dari itu, ia mengingatkan supaya Ganjar menjaga citra baiknya.

"Citra beliau sempat terganggu oleh kasus E-KTP, tetapi kan sudah clear bahwa beliau tidak terbukti korupsi," ujarnya.

Selain Ganjar, ada juga politisi asal Jawa Timur yang dinilai memiliki peluang menggantikan Jokowi sebagai calon presiden yang diusung partai berlambang banteng. Namun, Pangi menilai, sebelum bertarung di Pilpres akan lebih baik jika Risma turut bertarung dalam Pilkada DKI Jakarta 2022 terlebih dahulu.

"Lalu Pada Pilpres 2024 bisa maju lagi bertarung menjadi calon presiden," pungkasnya.

Selain bernaung dalam satu partai di PDI Perjuangan, Ganjar dan Risma pun memiliki pengalaman sebagai wali kota dan gubernur. Namun, Pangi menegaskan, untuk maju dalam perhelatan tersebut tentu harus ada restu terlebih dahulu dari Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDI Perjuangan.

Demikian dikutip dari laman kompas.com, Minggu.




Berita Lainnya

Anggaraan TGUPP DKI Jakarta Diminta untuk Dihapuskan

05/12/2019 14:45 - Sari Intan Putri
Kemukakan Pendapat


BOLA