Tuesday, 26 Jan 2021
Temukan Kami di :
News

Meski Tak Kena Ganjil Genap, Begini Aturan Khusus Motor

Fani Fadillah - 08/08/2019 19:21

Beritacenter.COM - Perluasan wilayah pemberlakuan ganjil genap resmi dilakukan Pemprov DKI, meski begitu ganjil genap masih membebaskan motor. Nantinya, di ruas jalan ganjil genap, motor harus menggunakan jalur yang sudah ditentukan.

"Ada manajemen dan rekayasa lalu lintas sepeda motor berupa kanalisasi. Mereka wajib menggunakan lajur paling kiri. Nanti kami bersama-sama kepolisian begitu melihat ada pelanggaran di luar kanalisasi otomatis dia ditilang karena sudah melanggar marka," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Kamis (8/8/2019).

Syafrin telah melakukan uji coba kanalisasi terhadap motor. Hasilnya, bila motor tidak melanggar jalur yang ditentukan kecepatan kendaraan lainnya tidak akan terhalangi.

"Nanti harapannya kecepatan tetap konstan, yang utama pengendara sepeda motor ini mereka ini kita jamin keselamatan dan keamanannya," jelasnya.

Namun, tidak semua jalan yang terkena kebijakan ganjil genap akan diberlakukan jalur khusus motor. Dia mengatakan masih mengkaji jalan mana saja yang akan diberlakukan jalur khusus motor.

"Ada tetap beberapa yang menjadi mix traffic. Tapi prinsipnya pada saat itu tetap sepeda motor wajib di lajur kiri," jelasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA