Tuesday, 20 Aug 2019
Temukan Kami di :
Kriminal

Anggota JAD di Sumbar Berencana Ledakan Bom Pada 17 Agustus

Indah Pratiwi - 23/07/2019 16:10

FOKUS : Terorisme

Beritacenter.COM - Datasemen Khusus (Densus) 88 Antitero rmeringkus terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) bernama Novendri alias Abu Zahran alias Abu Jundi. Diduga anggota JAD itu berencana mengebom pada acara hari kemerdekaan RI.

Kepala Biro Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyebutkan, Novendri merupakan warga Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Jati, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatra Barat (Barat). Dia ditangkap pada Kamis, 18 Juli 2019.

"Tepatnya dia akan melakukan aksinya pada momentum upacara 17 Agustus mendatang, ketika upacara 17 Agustus, baru diledakkan," katanya di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Ada beberapa sasaran aksi bom, khususnya yang ada di wilayah hukum Sumbar. Beberapa lokasi yang menjadi sasaran adalah Polda Sumbar dan Polresta Padang.

"Itu Polda, Polresta Padang, sudah direncanakan juga jenis bom yang sudah dirakit dan diledakkan," ujar mantan kepala Bagian Mutasi Jabatan Biro Pembinaan Karier (kabag Mutjab Robinkar) SSDM Polri ini.

Dia juga berencana mengebom di beberapa pos lalu lintas di Padang. Dia juga telah melakukan survei dan pemetaan untuk aksi teror.

"Bahkan ada beberapa anggota polisi sudah diikuti juga, akan dilakukan penyerangan, direbut senjatanya," kata wakapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) ini.

Pelaku tidak sendiri. Ia bersama kelompoknya yang saat ini masih dalam pengejaran. Novendri juga mempunyai hubungan dengan Mujahidin Indonesia Timur (MIT), JAD Lampung, JAD Sibolga, dan JAD di Bekasi.

"Novendri adalah tersangka teroris jaringan JAD yang memiliki koneksi dan hubungan dengan JAD di Indonesia maupun luar negeri," jelas Dedi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA