Friday, 03 Jul 2020
Temukan Kami di :
Teknologi

Dua Pemuda di Lumajang Dihukum 14 Bulan Bui Lantaran Upload Video Mesum di Facebook

Aisyah Isyana - 23/07/2019 09:57

Beritacenter.COM - Akibat ulahnya mengupload video mesum di laman Facebook, Yudi Son (26) dan Hendra (24) dijatuhi hukuman 14 bulan penjara. Keduanya dijerat UU informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Awal kasus bermula dimulai saat Hendra mendapat video mesum dari temannya bernama Agung, 24 Januari 2019 lalu. Oleh Hendra, video itu kemudian ditransfernya ke Yudi. Dari sini, Yudi pun mengupload video mesum itu ke akun Facebook miliknya dengan caption 'Karanganom Bergoyang'.

Baca juga :

Dari sini lah kasus itu bermula, dimana polisi yang tengah melakukan patroli cyber didunia maya mendapati video itu. Polisi langsung melakukan pelacakan terhadap pengupload video mesum tersebut. Tak lama kemudian, polisi meringkus kedua pelaku yang merupakan warga Desa Karang Arum, Kecamatan Pasrujambe, Lumajang.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa masing-masing selama 1 tahun dan 2 bulan penjara dan pidana denda masing-masing sejumlah Rp 300 juta. Apabila denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan masing-masing 1 bulan," putus majelis sebagaimana dilansir website Mahkamah Agung (MA), Selasa (23/7/2019).

Duduk sebagai ketua majelis Gugun Gunawan dengan anggota Edwin Adrian dan AA Gde Agung Jiwandana. Kedua terdakwa dinyatakan bersalah melanggar pasal 27 ayat 1 jo pasal 45 ayat 1 UU ITE. Selain itu, keduanya telah meresahkan masyarakat sekitar.

"Para terdakwa mengakui terus terang perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi kembali tindak pidana," ujar majelis mempertimbangkan hal yang meringkan terdakwa.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA