Tuesday, 22 Oct 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Beda Dengan Amien Rais, Ketum PAN Bakal Dukung Jokowi Tanpa Syarat

Anas Baidowi - 22/07/2019 14:56

Beritacenter.COM - Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan akan mendukung presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil presiden terpilih KH Ma'ruf Amin memimpin Indonesia lima tahun kedepan tanpa mengajukan syarat.

Dukungan Zulkifli sangat berbeda denan Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais yang berbicara soal syarat rekonsiliasi.

"Saya menanggapi itu saja, kesempatan lima tahun kata Pak Amien. Saya mengatakan, kami dukung Pak Jokowi dan Kami doakan supaya sukses. Lain-lain enggak saya tanggapi, enggak pakai syarat-syarat," katanya di Gedung Nusantara III Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/7).

Zulkifli tidak banyak berkomentar dengan statment Amien Rais yang mengemukakan soal syarat rekonsiliasi adalah pembagian kursi dengan perbandingan 55:45 persen.

Zulkifli malah menjelaskan soal tahapan selanjutnya dari keinginan PAN untuk rekonsiliasi menuju koalisi. PAN akan mendukung pemerintahan tanpa syarat dan Jokowi memiliki hak prerogatif untuk menentukan susunan kabinet atau jajaran orang dalam pemerintahan lima tahun ke depan.

"Baik kabinet atau apapun namanya pembantu, jadi yang berdaulat tetap Jokowi. Oleh karena itu, kami enggak pakai syarat-syarat, kami mendukung agar Jokowi sukses memimpin Indonesia," tuturnya.

Sebelumnya Amien Rais mengatakan bahwa sebelum rekonsiliasi harus ditentukan dulu platformnya. Ia juga mengatakan salah satu syarat rekonsiliasi adalah pembagian kursi 55:45. "Kalau mau rekonsiliasi tentukan dulu platformnya, mau diapakan Indonesia ini? Prabowo sudah bicara di mana-mana pentingnya kedaulatan pangan, energi, tanah, air, dan lain-lain. Kalau itu disepakati, misalnya disepakati, ayo bagi 55:45, itu masuk akal. Kalau sampai disepakati berarti rezim ini balik kanan, sudah jalan akalnya," jelas Amien Rais di Jakarta Pusat Sabtu (20/7/2019).

 




Berita Lainnya

Sok Sibuk OTT, KPK Melupakan Kasus-Kasus Di Internalnya

21/10/2019 17:13 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA