Friday, 06 Dec 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Amankah Cuci Tangan Pakai Hand Sanitizer? Ini Penjelasan Dokter...

Indah Pratiwi - 22/07/2019 13:11

Beritacenter.COM - Mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer memang dinilai penting agar tangan selalu bersih dari kuman atau bakteri. Biasanya, penggunaan hand sanitizer bisa dilakukan dimana saja dan sering ditemukan di tempat-tempat layanan unit kesehatan.

Lalu apakah aman mencuci tangan menggunakan hand sanitizer? perlukah mencuci tangan kembali menggunakan sabun anti bakteri ?

Menanggapi itu, dr Dewi Ema Anindia menjelaskan hand sanitizer tetap tidak bisa menggantikan cuci tangan menggunakan sabun. Pasalnya, jika tangan ada kotoran tanah atau bekas-bekas makanan maupun sambal yang terlihat, mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir sangat perlu dilakukan.

"Kalo berdasarkan Center for Disease Control (CDC), kalau tangan ada kotoran yang terlihat, tetap harus pakai air mengalir dan sabun. Tapi kalau tidak ada kotoran, dari toilet atau dari jalan mau makan, baru boleh boleh pakai hand sanitizer," ungkap dia.

Meski hand sanitizer memiliki kemampuan membunuh kuman hingga 99 persen, namun, kotoran menempel di tangan yang terlihat jelas seharusnya menggunakan air yang mengalir dan sabun.

Lantas, bagaimana dengan hand sanitizer apakah aman untuk kesehatan kulit? Dewi mengatakan hand sanitizer tidak memberikan efek apapun terhadap fungsinya. Justru aroma yang segar membuat tangan lebih sehat dan semakin disenangi pengguna.Biasanya, hand sanitizer ada aroma teh melati yang diciptakan sebagai kesegaran baru untuk masyarakat yang ingin terbebas dari kuman dan menghilangkan bau tidak sedap di tangan.

"Pada kulit, jika terlalu sering menggunakan hand sanitizer memang bisa menyebabkan kulit lebih kering, tapi khusus pada hand sanitizer yang ada kandungan alkoholnya. Makanya, sebaiknya kalau pemakaian harian, pilih yang tidak menggunakan kandungan alkohol," ungkap dia.

 

 




Berita Lainnya

Kanker Paru Bisa Dipicu dari Rokok dan Vape

06/12/2019 04:37 - Indah Pratiwi

7 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

05/12/2019 12:00 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA