Thursday, 22 Aug 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Soal Syarat Rekonsiliasi, PPP: Amien Rais Haus Kekuasaan, Kenegarawanannya Lenyap

Lukman Salasi - 22/07/2019 12:49

BeritaCenter.COM – Wasekjen PPP Ahmad Baidowi menilai sikap kenegarawanan Amien Rais nyaris lenyap. Pasalnya, Amien meminta porsi 55-45 sebagai syarat rekonsiliasi.

"Lucu, katanya tak mau tergoda kekuasaan hanya gara-gara rekonsiliasi. Ternyata yang nggak mau kalau ecek-ecek kursinya, kalau pembagiannya rupanya mau. Maka kenegarawannya Pak Amien Rais ini nyaris lenyap," sebut Ahmad Baidowi, Sabtu (20/7/2019).

Sebelumnya, Amien meminta pembagian porsi yang jelas sebagai syarat rekonsiliasi. Amien berharap platform antara Prabowo dan Jokowi disamakan terlebih dahulu.

"Saya bilang kalau mau rekonsiliasi tentukan dulu platformnya (programnya), mau diapakan Indonesia ini? Prabowo sudah bicara di mana-mana pentingnya kedaulatan pangan, energi, tanah, air, dan lain-lain. Kalau itu disepakati, misalnya disepakati, ayo bagi 55-45, itu masuk akal. Kalau sampai disepakati berarti rezim ini balik kanan, sudah jalan akalnya," ujar Amien Rais dalam sambutan acara 'Muhasabah dan Munajat untuk Negeri' di gedung Dakwah, Jl Kramat Raya, Jakpus, Sabtu (20/7/2019)

Amien tak sepantasnya mengartikan rekonsiliasi dengan bagi-bagi kursi. Awiek menyebut Amien sebagai orang yang harus kekuasaan.

“Kalau pola pikir seperti Pak Amien yang minta 55-45, hanya orientasi kekuasaan belaka," sebutnya.

Senada dengan Awiek, Sekjend Partai NasDem Johnny G Plate menilai arti rekonsiliasi yang diucapkan Amien itu salah.

"Rekonsiilasi apa maksudnya ya, rekonsiliasi? Apa rekonsiliasi sama dengan bagi-bagi anggota kabinet? Apa begitu maksudnya? Saya kira bukan itu maksudnya. Yang dimaksudkan itu kan silaturahmi politik dengan mengajak semuanya bersama-sama bangun negara, sesuai porsi masing-masing, dan sikap politik masing-masing. Ada yang menang, ada yang kalah, itu yang dimaksudkan," ujar Johnny, Sabtu (20/7/2019) malam.




Berita Lainnya

Fakfak Papua Barat Memanas, Kios-kios Dibakar

21/08/2019 11:46 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA