Monday, 19 Aug 2019
Temukan Kami di :
News

Menteri Susi Ancam 'Tenggelamkan' Pembuang Sampah Plastik di Laut

Aisyah Isyana - 21/07/2019 11:50

Beritacenter.COM - Menteri Keluatan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memperingatkan pelaku pembuang sampah atau limbah plastik yang mencemari laut. Jika sebelumnya ancaman 'tenggelamkan' ditujukan ke pelaku ilegal fishing, kali ini slogan 'tenggelamkan' itu juga Susi gunakan pula kepada para pembuang sampah plastik di laut.

"Pak Jokowi sudah canangkan dari 2014 kita usir illegal fishing, dan sekarang kita jaga dari plastik. Illegal fishing kita tenggelamkan. Pencuri ikan kita tangkap," kata Susi ketika mengikuti giat Pawai Tolak Plastik Sekali Pakai di Lapangan Aspirasi Monas, Jakarta, Minggu (21/7/2019).

"Sekarang pencuri ikan pergi, datanglah plastik. Pembuang sampah plastik di lautan harus ditenggelamkan!," sambungnya.

Susi secara tegas akan menindak para pelaku pembuang sampah plastik, lantaran menilai laut Indonesia bisa-bisa akan dihuni lebih banyak sampah plastik dari pada ikan pada 2040. Susi mengatakan, rasa malu harus ditanamkan didiri masyarakat Indonesia, karena sudah menjadi penyumbang sampah plastik no 2 di dunia.

"Kita malu menjadi penyumbang sampah plastik nomor 2 di dunia, padahal kita penyumbang ikan nomor 4 di dunia. Bangsa Indonesia ini bagaimana? Malu tidak? Katanya bangsa besar, buang sampah nomor 2 di dunia. Tidak boleh," ujar Susi.

Susi mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak lagi menggunakan sedotan plastik maupun benda lain yang berbahan plastik sekali pakai. Hal itu dilakukan guna mengurangi penambahan sampah plastik.

"Plastik sekali pakai? Tidak! Buang sampah sembarangan? Tenggelamkan!" ujar Susi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA