Sunday, 25 Aug 2019
Temukan Kami di :
News

Temui 100 Artis di Istana Bogor, Jokowi Janjikan Alokasi Dana Abadi Kebudayaan

Jadi kalau itu (dana abadi kebudayaan) kan baru akan dimulai tahun depan, bahwa akan ada dana abadi yang memang oleh bapak Presiden disisihkan

Aisyah Isyana - 17/07/2019 23:20

Beritacenter.COM - Sejumlah artis bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Sedikitnya ada 100 artis yang bertemu dengan Jokowi. Pada pertemuan itu, Jokowi disebut berjanji mengalokasikan dana abadi kebudyaan.

"Jadi kalau itu (dana abadi kebudayaan) kan baru akan dimulai tahun depan, bahwa akan ada dana abadi yang memang oleh bapak Presiden disisihkan," ujar musisi Yovie Widiyanto usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019).

Baca juga :

Kendati sudah dijanjikan, Yovie mengaku jika mekanisme pengelolaan dana abadi kebudayaan itu masih belum dibahas secara detail. "Memang belum terlalu detail sih sebenarnya umum. Sangat umum, jadi bahwa mekanismenya lewat apa dengan cara seperti apa," katanya.

Adanya rencana alokasi dana pendidikan dan kebudayaan itu disebut Yovie mendapat sambutan baik dari teman-teman artis. Yovie menilai, ketersediaan dana abadi itu nantinya akan sangat mendukung kreativitas para pekerja seni dan perkembangan industri kreatif.

"Itu bisa membuat bertambah power untuk Indonesia kreatif tentu itu harus disambut baik oleh kita," katanya.

Sementara itu, artis yang juga anggota DPR RI terpiolih dari Partai NasDem, Farhan, menyebut dana abadi kebudayaan yang akan dialokasikan cukup besar. Farhan tak menyebut detail berapa besaran dananya. Namun, dia memastikan jika tujuan dana itu untuk kepentingan pendidikan dan kebudayaan.

"Dana abadi ini kan dananya lumayan besar tujuannya untuk lembaga pendidikan itu pesan pak Presiden. Tapi memang mekanismenya belum jelas," ujarnya.

Dia berharap, nantinya pengelolaan dana abadi kebudayaan itu dapat dilakukan dengan baik dan transparan. "Untuk itu ya harus kerjasama semua mulai dari pengelolaan awal apakah akan dibentuk badan baru, mungkin," katanya.

Selanjutnya, artis Oppie Andaresta menyebut alokasi dana abadi pendidikan tersebut bisa ditujukan untuk melestarikan musik tradisional yang sudah sulit ditemukan pemainnya.

"Di desa saya ada 1 alat musik yang pemainnya tinggal 1 yang bisa. Menurut saya yang harus kita data dan harus difokus pemerintah. Karena itu justru kekayaannya Indonesia. Mudah-mudahan lewat dana abadi bisa mensupport musisi tradisi," kata Oppie.

"Garis besarnya bahwa bapak (Jokowi) berjanji memberikan support lebih daripada yang sudah-sudah. Dia bilang saya untuk periode kedua ini akan jor-joran," imbuhnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA