Monday, 26 Oct 2020
Temukan Kami di :
News

Penjelasan BIN Soal Ambil Bagian BG Pada Pertemuan Jokowi-Prabowo

BIN menjaga keutuhan NKRI sudah menjadi tugas dan kewajibannya, sehingga apapun supaya Indonesia tetap terayomi masyarakatnya, tidak berkonflik dan tetap ukhuwah terjaga

Aisyah Isyana - 14/07/2019 09:15

Beritacenter.COM - Jubir Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Hari Purwanto, menbeberkan peranan Kepala BIN Jendral (Purn) Budi Gunawan (BG) dibalik pertemuan Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Menurutnya, BG ambil bagian pada pertemuan itu lantaran sudah menjadi tugas BIN untuk menjaga keutuhan NKRI.

"BIN menjaga keutuhan NKRI sudah menjadi tugas dan kewajibannya, sehingga apapun supaya Indonesia tetap terayomi masyarakatnya, tidak berkonflik dan tetap ukhuwah terjaga, serta menghincari ancaman. Ancaman itu dikemas sedemikian rupa sehingga bisa dinetralisir menjadi faktor pendukung kuat dari keberlangsung tegaknya negara ini," kata Wawan, Sabtu (13/7/2019) malam.

Baca juga :

Baik Jokowi maupun Prabowo, jelas Wawan, sejatinya merupakan sahabat yang berkompetisi dalam Pilpres 2019. Untuk itu, keduanya harus kembali dipersatukan usai rampungnya kontestasi Pilpres 2019, begitu pula dengan masyarakat.

"Kontestasi pemilu persoalan di mana harus visi dan misi disuarakan apa yang disampaikan pada publik dalam rangka kampanye. Tetapi bukan masalah pribadi, sehingga pribadi tidak ada persoalan tetap kembali menjadi kewajiban pihak keamanan. Bagaimana menyatukan kembali selama ini seperti terbelah karena kontestasi hanya dua, sehingga seolah-olah bumi terbelah. Oleh karena itu perlu ada langkah-langkah ini bertemunya beliau berdua otomatis," jelas dia.

Dengan adanya pertemuan antara Jokowi dan Prabowo, BIN berharap sedikitnya dapat meredakan ketegangan antar pendukung kedua kubu. Pertemuan antar Jokowi-Prabowo juga diharapkan dapat menjadi contoh baik bagi pendukung masing-masing.

"Masalah kita ini kan patrialistik, bisa meniru kalau di atas seperti itu, di bawah itu akan menyadari kondisi untuk mencontoh sehingga ketegangan selama ini terjadi diakhiri, jadi happy ending lah," ucap dia.

Untuk diketahui, Kepala BIN Budi Gunawan (BG) memang tampak berada di lokasi pertemuan Jokowi-Prabowo di Stasiun MRT Lebak Bulus. BG juga tampak menemani Prabowo saat tiba di Stasiun MRT lebih dulu dibanding Jokowi.

Adapun peranan BG dibalik pertemuan antara Jokowi-Prabowo ini turut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Seskab Pramono Anung. Pramono menilai, BG telah bekerja tanpa suara demi suksesnya pertemuan tersebut.

"Pak Budi Gunawan Kepala BIN. Beliau bekerja tanpa ada suara. Dan alhamdulillah yang dikerjakan hari ini tercapai," ucap Pramono.




Berita Lainnya

Anies Perpanjang PSBB Transisi Jakarta!

25/10/2020 12:40 - Anas Baidowi

Hina NU, Gus Nur Ceming Saat Ditangkap Polisi

24/10/2020 15:59 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA