Tuesday, 12 Nov 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Kamu Penderita Diabetes, Cermati 5 Aturan Ini Sebelum Meminum Kopi

Aisyah Isyana - 11/07/2019 20:01

Beritacenter.COM - Meminum kopi seperti sudah menjadi gaya hidup kebanyakan orang saat ini. Mereka yang sudah ketagihan, bahkan dapat meminum kopi lebih dari sekali sehari. Kopi sudah seperti nutrisi penambah semangat bagi sebagian orang untuk mengawali harinya.

Para penggemar kopi akan merasa ada yang kurang dalam harinya, jika tak meminum kopi sehari saja. Mereka bahkan bisa-bisa mengeluhkan kepala pusing, mengantuk, hingga tak bersemangat, jika tak meminum kopi sehari saja.

Baca juga : Minum Kopi Bisa Bikin Badan Langsing Lho! Asalkan...

Kopi memang memiliki manfaat baik bagi tubuh, asalkan dikonsumsi tak berlebihan. Kendati baik bagi tubuh, Anda tak boleh sembarangan mengkonsumsi kopi, terutama yang memiliki riwayat penyakit diabetes.

Sebagaimana dilansir viva, Kamis (11/7/2019), berikut beberapa tips dari COO Fore Elisa Suteja terkait sehat minum kopi bagi penderita diabetes :

1. Selektif memilih jenis kopi

Pada dasarnya kopi adalah adalah buah. Jadi, pilihlah kopi yang dari segi prosesnya bagus dan jenis buah atau kopinya juga bagus. Jangan yang memiliki rasa terlalu pahit atau ada rasa gosong pada biji kopinya. Karena, rasa gosong yang ditimbulkan biasanya dari proses sangrai yang terlalu lama dan ini tidak baik untuk kesehatan.

2. Konsumsi kopi murni atau kopi hitam

Kombinasi kopi dan gula bisa membahayakan bagi penderita diabetes. Jadi, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi kopi murni atau hitam tanpa tambahan apapun. Namun, jika Anda tidak bisa mengonsumsi kopi tanpa gula, Anda bisa menggunakan gula khusus penderita diabetes.

3. Pilih jenis kopi Americano

Jenis kopi ini bisa menjadi opsi yang paling sehat, karena nol kalori dan efeknya bisa membuat kita lebih berenergi.

4. Batasi konsumsi kopi

Penderita diabetes tidak boleh berlebihan mengonsumsi kopi. Agar diabetes dapat terkontrol, kadar yang dianjurkan bagi penderita diabetes adalah satu cangkir sehari.

5. Jangan tambahkan topping

Krimer yang biasa ditambahkan ke dalam kopi biasanya mengandung 20-30 kalori. Jadi, cara yang paling aman adalah tidak memakai topping sama sekali.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA