Tuesday, 23 Jul 2019
Temukan Kami di :
Kriminal

Gagalkan Peredaran 59 Kg Sabu di Sumut, Polisi Ringkus 7 Pelaku

Fani Fadillah - 11/07/2019 17:54 Rilis barang bukti 59 Kg sabu di Medan

Beritacenter.COM - Upaya peredaran narkoba jenis sabu seberat 59 kilogram di wilayah Sumut berhasil digagalkan kepolisian. Sebanyak tujuh pelaku berhasil diamankan.

"Sabu itu sebelumnya masuk dari Malaysia, yang dipasok dari Taiwan, Myanmar, dan China," sebut Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Kamis (11/7).

Para pelaku yang diamankan diantaranya yakni RS, A, MAA, R alias T, J, S dan H. Empat di antaranya ditembak pada bagian kaki, yakni RS, MAA, S dan H. "Mereka berupaya melarikan diri," sebut Mardiaz.

Para pelaku ditangkap dari sejumlah lokasi di Sumut. RS diringkus di Jalan Iskandar Muda, Medan, tepatnya di rumah makan Simpang Raya, Minggu (27/6) sekitar pukul 12.00 Wib. Dalam penangkapan itu disita barang bukti 3 Kg sabu yang dikemas dalam plastik teh warna hijau emas merek Guanyinwang.

Kemudian petugas melakukan pengembangan dari pelaku RS. Hasilnya polisi berhasil menangkap A di Hotel Transit Jalan Gajah Mada, Medan. MRS dan A mengaku masih menyimpan 7 bungkus sabu-sabu di Tanjung Balai. Narkotika itu pun ditemukan.

"Tersangka A mengaku menerima 10 Kg sabu itu dari orang yang tidak dikenal atas suruhan U (DPO) di daerah Bagan Asahan," jelas Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut Kombes Hendri Marpaung.

Berdasarkan keterangan RS dan A, petugas menangkap MAA di Jalan Mesjid I Desa Sekip Lubuk Pakam, pada Minggu (7/7) sekitar pukul 01.00 Wib. Dari tangannya disita 5 Kg sabu yang dibungkus kemasan 'Chinese Tea Gift' warna merah.

Dari interogasi dan analisa yang dilakukan, petugas menangkap tersangka R alias T dan J di Jalan Iskandar Muda, Medan Baru, Senin (8/7) sekira pukul 17.00 Wib. Dari keduanya didapat 2 goni plastik berisi 40 bungkus sabu-sabu kemasan Guanyinwang dengan berat total 40 Kg.

Petugas kembali memperoleh informasi bahwa S dan H memiliki sabu. Dia pun ditangkap di Jalan Ring Road/Gagak Hitam, Medan, pada pukul 20.00 Wib. Dari keduanya diamankan 1 goni plastik berisi 4 bungkus atau 4 Kg sabu-sabu dalam kemasan Guanyinwang.

Hendri mengatakan ketujuh tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) dan atau Pasal 112 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Ancamannya maksimal pidana mati.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA