Saturday, 22 Feb 2020
Temukan Kami di :
Opini

Cucu Sang Proklamator Yang Cerdas

Indah Pratiwi Budi - 10/07/2019 13:21

Sesuai permintaan netizen agar penulis pun mengulas sosok cucu dari Wakil Presiden RI pertama, Mohammad Hatta atau Bung Hatta, maka kali ini penulis angkat sekilas tentang anak tunggal dari Halida dengan sang suami Gary Rachman Jusuf ini.

Lahir pada 19 Januari 1994, gadis yang memiliki nasionalisme tinggi dan tertarik akan isu-isu perlindungan warisan budaya ini memiliki nama lengkap Gustika Fardani Jusuf. Ibundanya, Halida merupakan seorang asisten dosen yang sempat bekerja sebagai analis sosial politik dan sosial ekonomi. Sedangkan ayahnya, seorang diplomat karir, sebagai Duta Besar RI untuk Republik Kepulauan Fiji pada tahun 2016 lalu.

Perempuan lulusan King's College London, yang fasih bahasa Inggris, Spanyol dan Perancis ini mempelajari studi tentang perang di universitas bergengsi tersebut. Tak hanya menimba ilmu selama di Inggris, namun Tika pun berperan aktif sebagai presiden di King's College London Indonesian Society. Komunitas ini merupakan wadah bagi mahasiswa Indonesia yang kuliah di King's College London. Selain itu, Tika pun tercatat aktif dalam gerakan PBB untuk Indonesia.

Sebelumnya Tika sempat sekolah di Institut d’etudes politiques de Lyon, Perancis selama satu tahun. Lalu pernah juga mengambil short course di Universitas Oxford serta Sotheby’s Institute of Art. Karenanya tak heran bila ia berani membantah perkataan jubir Prabowo-Sandi, Dahnil Simanjuntak yang menyamakan Sandiaga Uno dengan Bung Hatta, itu karena pengetahuan politiknya yang telah dipelajari di sekolah-sekolah tua di Eropa.

Lebih banyak menghabiskan waktunya di luar negeri membuat Tika dapat mengeksplor lebih banyak bakatnya. Salah satunya dalam organisasi besar seperti PBB. Ia pernah menjadi delegasi untuk forum pemuda PBB yang membahas tentang perempuan, serta magang untuk misi Indonesia dalam PBB.

Tak hanya seputar forum PBB, ia juga pernah magang di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam). Dalam riwayat Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) London, ia juga pernah menduduki jabatan yang penting sebagai Ketua Bidang Hubungan Eksternal, dan kini perempuan imut ini aktif sebagai mentor di Indonesian UN Intern Association (IUNIA).

(Sumber: facebook Wahyu Sutono)




Berita Lainnya

Aksi 212 Tidak Memiliki Manfaat

22/02/2020 16:42 - Indah Pratiwi Budi

RUU Ketahanan Keluarga Bak Mertua?

21/02/2020 16:47 - Indah Pratiwi Budi

Peluang Ahok Maju Pilpres 2024

19/02/2020 16:45 - Indah Pratiwi Budi

Mau Demo KPK, 212 Sarat Kepentingan Politik

19/02/2020 13:55 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA