Friday, 22 Nov 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Wow! Inilah Manfaat Jus Pare Yang Belum Anda Ketahui

Anas Baidowi - 05/07/2019 14:00

Beritacenter.COM - Pare atau bitter melon memiliki rasa yang cukup pahit. Namun, pare sudah biasa dimasak di Indonesia dengan diolah menjadi aneka makanan seperti tumis, keripik hingga dibuat menjadi jus yang diklaim memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Buah yang dalam bahasa ingris dinamakan bitter melon ini terbagi menjadi dua jenis yaitu jenis yang berasal Tiongkok dan jenis India, secara bentuk keduanya hampir sama.

Pare Tiongkok memiliki warna tidak terlalu hijau dan sangat panjang hingga 20 cm, pare ini tidak terlalu pahit jika diolah dengan benar dan kandungan airnya dibuang.

Pare India bentuknya sama, namun tidak terlalu panjang dan cenderung lebih membulat. Pare ini memiliki warna lebih hijau dan rasanya cenderung lebih baik dari jenis sebelumnya. Kedua pare ini bisa dibuat jus karela meski yang berasal dari India yang paling sering digunakan.

Lantas apa saja manfaat dari jus pare tersebut, berikut ulasannya.

Manfaat jus pare untuk kesehatan

Jus pare yang dikonsumsi secara rutin akan memberikan beberapa manfaat kesehatan. Itulah kenapa pada pengobatan tradisional India dan Tiongkok, buah ini kerap digunakan dalam beberapa metode pengobatan penyakit. Berikut manfaat dari jus pare selengkapnya.

Mengatasi sembelit
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jus pare mengandung cukup banyak serat. Dengan serat yang banyak ini kemungkinan terjadi masalah pada tubuh akan rendah. Pencernaan bisa berjalan dengan lebih lancar dan juga sembelit tidak terjadi. Kalau sembelit tidak terjadi, nyeri di perut bagian bawah dan kembung juga bisa dihindari.

Membantu menurunkan gula darah
Gula darah juga bisa membantu seseorang dengan kondisi gula darah buruk atau diabetes. Pare mengandung beberapa komponen yang mirip sekali dengan insulin. Komponen ini bisa digunakan untuk meregulasi gula darah sehingga jumlahnya tidak akan terus meningkat dan memunculkan gejala diabetes yang mengganggu.

Membantu tubuh dalam meningkatkan daya tahan
Kandungan vitamin A dan C yang cukup banyak pada jus pare meski rasanya sangat pahit. Dua vitamin ini bisa bertindak sebagai antioksidan yang akan membuat radikal bebas tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Kalau sel tubuh selalu sehat, kemungkinan terjadi masalah pada tubuh seperti infeksi dan inflamasi bisa terjadi.

Menjaga kesehatan kulit
Vitamin A dan C ternyata tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat secara umum saja. Secara spesifik juga bisa menjaga kesehatan dari kulit. Rutin mengonsumsi jus pare bisa membuat seseorang tidak mudah mengalami penuaan dini.

Membantu menurunkan berat badan
Dari beberapa penelitian yang dilakukan, pare memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh khususnya dalam hal menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi pare sebagai jus atau ekstrak, jumlah lemak di perut menurun serta lingkar pinggangnya mengalami penurunan yang cukup signifikan.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA