Tuesday, 23 Jul 2019
Temukan Kami di :
Ekonomi

Perang Dagang AS-China Bikin Minyak Dunia Anjlok

Indah Pratiwi - 04/07/2019 17:23

Beritacenter.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masih melakukan pantauan perkembangan gejolak ekonomi dunia. Salah satu yang paling diwaspadai menurutnya adalah perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Sri mulyani menegaskan, pergerakan harga minyak dunia secara otomatis akan mempengaruhi penerimaan negara melalui pajak migas dan juga Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Dengan demikian, ini akan menjadi perhatian khusus dari pemerintah pusat.

"Kita akan terus memantau seluruh asumsi APBN sampai dengan akhir tahun mungkin kita tidak menghitung berdasarkan tiap harinya dan nanti akan liat rata-rata tahun ini, bulan ini," kata Sri Mulyani saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (4/7).

Apabila harga minyak dunia turun maka akan berdampak bagi asumsi dari penerimaan migas yang juga ikut terkerek turun. Namun di sisi lain anggaran subsidi yang diberikan oleh pemerintah juga akan lebih rendah untuk membiayai untuk BBM bersubsidi.

"Kita akan liat nanti dinamika sisi pendapatan dan belanja negara," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping telah melakukan pertemuan bilateral di KTT G20 Osaka di Jepang. Pertemuan yang sangat dinantikan antar kedua pemimpin negara tersebut membahas trade war atau perang dagang yang selama ini mereka jalankan yang berdampak pada ekonomi dunia.

 



Berita Lainnya

Harapan Grab Indonesia di Pemerintahan Jokowi

17/07/2019 21:30 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA