Friday, 02 Oct 2020
Temukan Kami di :
News

Tim Jokowi: 'Ucapan Selamat' Sikap yang Dicontohkan Rasulullah, Salah Sandi Sebut Budaya Barat

Mengucapkan selamat adalah sikap yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, jadi salah besar kalau Sandi mengatakan bahwa ucapan selamat adalah budaya barat

Aisyah Isyana - 01/07/2019 08:05

Beritacenter.COM - Tim Jokowi-Ma'ruf Amin angkat bicara soal pernyataan Sandiaga Uno yang menyebut pemberian ucapan selamat kepada pemenang Pilpres merupakan budaya barat, bukan budaya Indonesia. TKN menilai, pernyataan Sandi salah besar, karena memberi ucapa selamat kepada pemenang adalah budaya yang baik.

"Menghormati dan tunduk kepada keputusan MK adalah kepatuhan kepada konstitusi, dan patuh kepada konstitusi adalah kewajiban setiap warga negara. Akan tetapi, mengucapkan selamat adalah sikap yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, jadi salah besar kalau Sandi mengatakan bahwa ucapan selamat adalah budaya barat," ujar politikus Hanura, Inas Nasrullah Zubir kepada wartawan, Minggu (1/7/2019) malam.

Baca juga :

Menurutnya, jika Sandi malu atau terbawa perasaan lantaran kekalahan di Pilpres, maka Sandi bukanlah sosok negarawan yang baik. Inas menyebut Sandiaga masih belum matang secara mental, jika memang benar masih terbawa perasaan atas kekalahan.

Sementara itu, Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding, mengaku memahami ucapan Sandi. Namun, dia menilai jika budaya memberikan ucapan selamat itu adalah budaya yang baik, sehingga patut dicontohkan di Indonesia.

"Saya sih memahami Mas Sandiaga masih dalam posisi yang sangat kecewa ya, beliau sangat terpukul, kalah, sehingga ya sesuatu yang manusiawi, kalau dia tidak ingin ucapkan selamat kepada pemenang, tetapi, budaya ucapkan selamat itu adalah budaya baik. Tidak semua budaya barat itu musti kita tolak, kalau dalam prinsip itu kita ambil yang baik, kita tinggalkan yang tidak baik, demokrasi juga dari barat, dan banyak praktik-praktik bisnis yang ditempuh orang Indonesia, termasuk Pak Sandiaga, manajemennya dari barat juga," katanya.

Menurutnya, Sandiaga seharusnya tidak melontarkan atau membuat narasi soal ucapan selamat adalah budaya barat. Karding pun tak mempermasalahkan keengganan Sandi untuk mengucapkan selamat ke Jokowi-Ma'ruf yang menang di Pilpres 2019.

"Jadi narasi yang dbangun tidak tepat, kalau alasannya itu soal (budaya) barat, tidak barat, tapi saya kira hanya emang belum sepenuhnya bisa terima atau dilatarbelakangi kekecewaan yang mendalam, karena keputusan yang ada. Saya kira nggak ada masalah kalau Pak Sandi nggak ucapkan selamat," ucap Karding.

Untuk diketahui, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno diketahui hingga saat ini masih belum mengucapkan selamat kepada Jokowi-Ma'ruf sebagai pemenang di Pilpres 2019. Kendati mengaku menghormati keputusan MK yang menlak hasil gugatan Pilpres, Sandiaga menilai jika ucapa selamat itu seperti budaya barat.

"Kami sudah menghormati putusan MK kemarin dan ini sudah tingkatan yang paling tinggi bahwa kita menghormati prosesnya dan selamat-selamat itu kan kayak budaya Barat ya. Di dalam kontestasi kita, setiap kali ketemu kita cipika-cipiki, selama debat kemarin kita selalu mengucapkan kata-kata yang baik, jadi nggak ada masalah," kata Sandiaga Uno di JCC, Minggu (30/6).




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA