Saturday, 11 Apr 2020
Temukan Kami di :
Nasional

MK Mentahkan Dalil Tim Hukum Prabowo Soal Kecurangan TSM

Lukman Salasi - 27/06/2019 16:02

BeritaCenter.COM – Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mementahkan dalil-dalil tim hukum Prabowo-Sandi soal adanya kecurangan TSM di Pilpres 2019. Hakim MK menyebut tim hukum 02 tak mampu membuktkan adanya kecurann yang dimaksud.

Salah satu dalil yang dimentahkan MK perihal ajakan Capres Jokowi kepada masyarakat untuk berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan mengenakan baju putih.

Ajakan mengenakan baju putih ke TPS itu dinilai hakim MK tidak relevan dengan dugaan kecurangan yang bersifat terstruktur, sistematis, dan masif (TSM). Apalagi disebut tidak ada kaitannya antara orang mengenakan baju putih ke TPS dan perolehan suara paslon.

“Terhadap dalil pemohon (Tim Hukum Prabowo) Mahkamah mempertimbangkan, selama persidangan Mahkamah tidak menemukan fakta adanya intimidasi ajakan baju putih,” kata hakim konstitusi Arief Hidayat membacakan pertimbangan putusan PHPU pilpres 2019 di gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (27/6).

“Lebih-lebih pengaruhnya terhadap perolehan suara. Oleh karena itu, dalil pemohon tidak relevan dan harus dikesampingkan,” sebut Arief.

Hakim MK juga menyatakan tidak menemukan adanya kecurangan secara TSM dalam pelatihan saksi yang digelar Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin seperti kesaksian Hairul Anas Suadi.

“TSM tidak terbukti dan dalil pemohon tidak beralasan menurut hukum,” sebut hakim konstitusi Wahiduddin Adam.

 




Berita Lainnya

Ada Ribuan ABK WNI Dipulangkan ke Tanah Air

09/04/2020 20:38 - Indah Pratiwi

Siap-siap Program Kartu Pra Kerja Akan Dibuka

09/04/2020 16:55 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA