Sunday, 25 Aug 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Polres Ciamis Adakan Pameran Alutsista, Warga Antusias Menjajalnya

Lukman Salasi - 23/06/2019 12:35

BeritaCenter.COM - Polres Ciamis mengadakan pameran alat utama sistem persenjataan (Alutsista). Berbagai jenis senjata polisi ditampilkan di Alun-alun Ciamis, Jawa Barat, Minggu (23/6/2019).

Pemeran senjata yang dimiliki polisi itu dilakukan dalam kegiatan gebyar perdamaian dalam rangka HUT ke-73 Bhayangkara yang diadakan di Alun-alun Ciamis.

Polres Ciamis menampilkan berbagai jenis senjata dan perlengkapan seperti senjata gas air mata, senjata serbu seperti AK dan V2 Sabhara, tembakan listrik, tameng, rompi anti peluru, rompi dalmas, pentungan dan borgol.

Beberapa alat penanggulangan bencana, antara lain gergaji mesin, kayak, mobil water cannon dan mobil rescue turut dipamerkan. Hadir juga INAFIS portable sistem dan pemindai sidik jari canggih untuk identifikasi korban tanpa identitas.

Pemeran senjata itu sangat menarik perhatian para pengunjung yang hadir di Alun-alun Ciamis untuk menjajalnya. Tentunya, bagi masyarakat ini merupakan kesempatan langka, apalagi diperbolehkan untuk menjajalnya langsung.

Mulai anak-anak, remaja hingga dewasa menjajal berbagai jenis senjata dan beberapa patung berkostum polisi lengkap. Pastinya, warga mengabadikan kesempatan baik nan langka itu menggunakan kamera ponselnya

Salah satu siswa SMP di Ciamis bernama Lutfi saat berada stan Pameran Tactical Polri di Alun-alun Ciamis mengatakan bahwa ini penting untuk menambah pengetahun. Apalagi dirinya mengaku memang bercita-cita ingin jadi Polisi.

"Menambah pengetahuan karena oleh petugasnya dijelaskan satu per satu fungsi dan kegunaannya. Sangat bermanfaat. Cita-cita ingin jadi Polisi," ujar Lutfi.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso juga menyampaikan salah satu dari tujuan pameran alutsista ini untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat peralatan yang digunakan Polri dalam bertugas.

"Yang ditampilkan sarana prasarana, kendaraan kepolisian, alat sidik jari dan alutsista yang digunakan dalam melaksanakan tugas di lapangan," ujar Bismo.

Selain itu, disampaikan bahawa dengan adanya pameran alutsista ini bagaimana bisa memunculkan motivasi masyarakat untuk tertarik dapat masuk menjadi anggota Polri maupun TNI.

"Jadi harapannya muncul motivasi masyarakat untuk menjadi anggota Polri maupun TNI, dapat bermanfaat untuk masyarakat," bebernya.

Dalam Gebyar perdamaian ini juga diselenggarakan berbagai acara mulai dari membacakan deklarasi antikerusuhan oleh Forkopimda yang diucap ulang oleh warga. Dilanjutkan dengan sepeda santai dan bakti sosial seperti pelayanan cek kesehatan dan bazar murah. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan unsur Pemkab Ciamis.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA