Monday, 21 Oct 2019
Temukan Kami di :
Internasional

Ada Awan Berbentuk Ombak Tsunami di Langit Bikin Geger Warga AS

Indah Pratiwi - 20/06/2019 11:03

Beritacenter.COM - Ada bentuk awan aneh seperti ombak tsunami muncul di langit Virgnia, Amerika Serikat (AS). Pemandangan unik seperti itu dianggap menginspirasi lukisan "Starry Night" karya Van Gogh.

Amy Christie Hunter seorang warga AS pertama kali melihat langit mendung dengan kumpulan awan seperti ombak laut di atas Smith Mountain (Gunung Smith). Awan gelombang tsunami mencapai puncak yang sempurna, seolah-olah laut melayang di atmosfer Bumi.

Ramai di media sosial Facebook terkait foto-foto Smith Mountain pada 19 Juni yang terjadi di Virgina, AS. Sebagian besar anggota grup media sosial itu mengatakan bahwa mereka belum pernah melihat fenomena langka itu..

Dilansir laman EarthSky.org, Kamis (20/6/2019) kumpulan awan itu merupakan gelombang Kelvin-Helmholtz, yang biasanya terbentuk pada hari-hari yang berangin ketika ada perbedaan kecepatan di antara dua cairan, seperti angin yang bertiup di atas air.

Kejadian itu terjadi lantaran kepadatan udara, dan udara atas bergerak dengan kecepatan yang lebih tinggi, awan-awan akan membentuk bentuk seperti gelombang laut di atas langit.

Mereka menamakan bentuk gelombang Lord Kelvin dan Hermann von Helmholtz, karena keduanya yang mempelajari fisika di balik pembentukan awan ini. Kehadiran gelombang Kelvin-Helmholtz, terjadi karena ada ketidakstabilan atmosfer, yang bisa berarti menyebabkan turbulensi bagi pesawat apabila melintasi awan tersebut.

 




Berita Lainnya

Inggris Capai Kesepatakan Soal Brexit

18/10/2019 06:09 - Indah Pratiwi

Ada Suara Aneh di Dalam Peti Jenazah

17/10/2019 01:19 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA