Saturday, 20 Jul 2019
Temukan Kami di :
Internasional

Warga Hong Kong Ramai-ramai Lari ke Taiwan

Indah Pratiwi - 19/06/2019 13:08

Beritacenter.COM - Masyarakat Hong Kong dikabarkan mengungsi ke Taiwan untuk menghindari cengkeraman RUU Ekstradisi China. Ribuan warga Hong Kong ini membuat masyarakat Hong Kong terkekang oleh pemerintah Tiongkok.

"Tanpa kebebasan dan demokrasi, itu seperti hidup di dalam penjara, seperti tinggal di kamp konsentrasi, tanpa kebebasan, (saya) lebih baik mati," kata Yung Yung Xiu Kwan, salah satu warga Hong Kong yang mengungsi ke Taiwan.

"Taiwan bisa menawarkan itu, karena Taiwan memiliki pemilihan umum yang demokratis dan konstitusi yang melindungi demokrasi," sambungnya, seperti dilansir Channel News Asia pada Rabu (19/6).

Sebelumnya, pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, mengisyaratkan akan mengakhiri pembahasan rancangan undang-undang (RUU) ekstradisi yang diajukannya.

Selain itu ia meminta maaf atas kekacauan akibat aksi demonstrasi menolak RUU ekstradisi. Meski demikian, ia menolak untuk mengatakan bahwa RUU itu akan ditarik, hanya saja regulasi iti tidak akan diperkenalkan kembali dibahas selama ia masih menjabat jika menimbulkan ketakutan di tengah masyarakat.

"Karena RUU ini selama beberapa bulan terakhir telah menyebabkan begitu banyak kegelisahan, dan kekhawatiran dan perbedaan pendapat, saya tidak akan melanjutkan lagi pelaksanaan legislatif ini, jika ketakutan dan kecemasan ini tidak dapat ditangani secara memadai," ujar Lam.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA