Monday, 16 Sep 2019
Temukan Kami di :
Politik

TKN Jokowi-Ma'ruf Amin Sebut BW Tak Paham Keputusan MA

Selain itu, Inas juga mengatakan jika keputusan MA tersebut jelas menyatakan bahwa penyertaan modal negara atau saham negara di BUMN kepada BUMN lainnya atau PT, maka tetap menjadi BUMN.

Sari Intan Putri - 17/06/2019 10:58

Beritacenter.COM - Inas Zubir selaku Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menuding Bambang Widjojanto (BW) salah kaprah dalam memahami keputusan MA soal gugatan kedudukan KH Ma'ruf Amin sebagai Dewan Syariah di Bank Mandiri Syariah dan BNI Syariah.

Lebih lanjut Inas juga menilai apabila keputusan MA Nomor 21/2017 halaman 41 tidak seperti yang dikatakan oleh BW.

“Bahwa sebagaimana telah dipertimbangkan dalam pertimbangan tersebut di atas, bahwa Penyertaan Modal Negara (PMN) saham negara di BUMN kepada BUMN atau Perseroan Terbatas lain tidak bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi dan bentuk BUMN yang menjadi anak usaha BUMN tidak berubah menjadi Perseroan Terbatas biasa, namun tetap menjadi BUMN," kata Inas.

Selain itu, Inas juga mengatakan jika keputusan MA tersebut jelas menyatakan bahwa penyertaan modal negara atau saham negara di BUMN kepada BUMN lainnya atau PT, maka tetap menjadi BUMN.

Ia mencontohkan saat PGN yang merupakan saham negara sebesar 56,9 persen dialihkan kepada Pertamina sebagai penyertaan modal negara (PMN non cash) ke Pertamina.

"Sehingga berdasarkan keputusan MA ini maka PGN tetap sebagai BUMN," ujar Inas.

Hal tersebut sangat berbeda dengan PT Bank Syariah Mandiri yang tidak ada penyertaan modal. Pemerintah juga tidak pernah menyerahkan sahamnya di PT. Bank Mandiri (persero) Tbk kepada Bank Syariah Mandiri.

"Demikian juga PT Bank BNI Syariah," tambahnya.




Berita Lainnya

Politisi Muda Ini Tolak Keras Revisi UU KPK

09/09/2019 10:35 - Sari Intan Putri
Kemukakan Pendapat


BOLA