Saturday, 20 Jul 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

Ilmuan Temukan Alat Navigasi Baru

Indah Pratiwi - 15/06/2019 20:10

Beritacenter.com  – Para ilmuan di spaceX berencana meluncurkan Falcon Heavy Rocket pada 22 Juni mendatang dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida. 

Nantinya, roket tersebut dilaporkan akan mengangkut sebuah jam atom ke luar angangkasa. Jam atom tersebut merupakan perangkat menjaga partikel subatom beresonansi pada frekuensi yang diinginkan. Dengan menggunakan proses ini, jam dapat menentukan waktu dengan akurasi yang tepat.

Terknolohi itu terhubung GPS, penerima GPS nantinya dapat menggunakan jam atom untuk menentukan jarak antara mereka dengan global positioning satellites.

Jam atom yang dikirim melalui antena di stasiun berbasis darat akan diterima oleh pesawat ruang angkasa, lalu pesawat tersebut menembakkan sinyal kembali. Disaat itulah jam atom akan memberi tahu para ilmuwan untuk menentukan kecepatan, lintasan, dan lokasi pesawat. Untuk pesawat ruang angkasa yang bersangkutan diminta untuk diam dan menunggu perintah navigasi untuk keperluan antariksa.

"Kami memiliki tujuan mulia untuk meningkatkan navigasi ruang angkasa dan ilmu pengetahuan menggunakan DSAC," ucap Dr. Todd Ely, seorang penyelidik di Jet Propulsion Laboratory, seperti yang dikutip dari HowStuffWorks.

 



Berita Lainnya

Begini Cara Percepat Koneksi WiFi yang Lemot

18/07/2019 21:29 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA