Sunday, 17 Nov 2019
Temukan Kami di :
News

Hormati Sidang, KPU Nyatakan Siap Jawab Perbaikan Permohanan Kubu Prabowo di MK

Sebagai bagian dari penghormatan terhadap proses persidangan, bagian saling menjaga etika masing-masing, maka KPU akan memberikan jawaban atas perbaikan permohonan pemohon

Aisyah Isyana - 14/06/2019 18:55

Beritacenter.COM - Menanggapi perbaikan permohonan gugatan tim hukum Prabowo-Sandi, pihak KPU mengaku siap menjawab pada sidang lanjutan sengketan di MK Selasa mendatang. Hal itu dilakukan KPU semata untuk menghormati proses persidangan dan demi menjaga etika.

"Sebagai bagian dari penghormatan terhadap proses persidangan, bagian saling menjaga etika masing-masing, maka KPU akan memberikan jawaban atas perbaikan permohonan pemohon," ujar Ketua KPU Arief Budiman setelah mengikuti sidang di Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2019).

Baca juga :

Terkait keputusan MK untuk menerima perbaikan permohonan gugatan tim Prabowo, Arief mengaku tak punya banyak pilihan. Sebelumnya, KPU meminta agar sidang ditunda hingga Rabu (19/6), namun MK memutuskan sidang dilanjutkan pada Selasa (18/6).

"Iya kan kita tidak punya opsi. Saya kan sebetulnya meminta diundur sampai hari Rabu. Tetapi, karena diberi opsi sampai hari Selasa, ya, KPU harus siap hari Selasa," kata Arief.

Sejatinya, Arief mengaku KPU merasa keberatan atas perbaikan permohonan gugatan yang dibacakan kubu Prabowo. Terlebih, berdasarkan hukum acara, seharusnya tak ada perbaikan permohonan dalam sengketa pilpres.

"Tapi KPU sebetulnya ingin mengatakan bahwa kami keberatan atas adanya perbaikan permohonan itu. Sebab, dalam hukum acaranya memang tidak memungkinkan sebetulnya dilakukan perbaikan," kata dia.

Arief menegaskan, KPU menolak perbaikan permohonan bukan karena ada unsur tidak suka kepada tim hukum Prabowo-Sandi. Menurut Arief, KPU mengupayakan untuk menghormati persidangan di MK.

"Jadi bukan karena kami tidak suka, tidak. Tapi justru kami ingin menjaga, menghormati hukum acara yang sudah disusun di persidangan di MK," tutupnya.




Berita Lainnya

Ini Nama Cucu Baru Presiden Jokowi

15/11/2019 22:11 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA