Tuesday, 23 Jul 2019
Temukan Kami di :
Internasional

Aksi Unjuk Rasa di Hong Kong Berakhir Rusuh

Indah Pratiwi - 14/06/2019 06:15

Beritacenter.COM - Aksi jutaan demonstrasi di Hong Kong berujung aksi kerusuhan yang dimaksudkan untuk merusak stabilitas negara tersebut. Beijing menyatakan mendukung penuh tindakan yang diambil pemerintah Hong Kong dalam kerusuhan itu.

"Apa yang terjadi di daerah Admiralty bukanlah sebuah demonstrasi damai, tetapi sebuah kerusuhan yang diselenggarakan oleh sebuah kelompok," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang.

"Kami mendukung tindakan yang diambil pemerintah Hong Kong dalam menangani situasi ini, sesuai dengan hukum," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Channel News Asia pada Jumat (14/6).

Sebelumnya, Hong Kong pada Kamis menutup kantor-kantor pemerintah di jantung kota setelah adanya aksi protes massa terhadap RUU Ekstradisi yang kontroversial. RUU itu akan memungkinkan ekstradisi warga Hong Kong ke daratan China.

Komisaris Polisi Hong Kong, Stephen Lo He menyebutkan, aksi demonstrasi yang berlangsung pada Rabu awalnya berlangsung damai. Tapi, perlahan-lahan berubah menjadi kerusuhan, usai demonstran melakukan apa yang dia sebut tindakan keras secara teroganisir.

Polisi Hong Kong sendiri telah menangkap 11 orang, yang diduga sebagai pemicu kerusuhan. Dalam peristiwa itu, setidaknya 22 anggota polisi terluka akibat kerusuhan tersebut.




Berita Lainnya

China Kesandung Utang Besar

22/07/2019 14:43 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA