Wednesday, 26 Jun 2019
Temukan Kami di :
Internasional

China Kewalahan Mengatasi Sejuta Pendemo RUU Ekstradisi di Hong Kong

Indah Pratiwi - 10/06/2019 14:13

Beritacenter.COM - Pemerintah Tiongkok menyalahkan campur tangan asing atas protes besar-besaran yang terjadi di Hong Kong selama akhir pekan ini. China menuduh para penentang pemerintah kota pro-China berkolusi dengan negara Barat sehingga menyebabkan 1 juta orang turun ke jalan.

Penyelenggara aksi protes itu membuat lebih dari satu juta orang berbaris di jalan-jalan di Hong Kong untuk menentang usulan undang-undang baru yang akan memungkinkan ekstradisi warga dari Hong Kong ke daratan China.

"Undang-undang itu akan mengikis kebebasan mereka di Hong Kong dan menyebabkan mereka harus tunduk pada sistem peradilan China yang dianggap 'suram'."

Dilansir Global Times, menyebut demonstrasi massa pada Minggu (9/6) kemarin itu merupakan salah satu aksi kemarahan publik terbesar sejak Hong Kong dikembalikan ke pemerintahan China pada tahun 1997.

"Sangat penting bahwa beberapa pasukan internasional secara signifikan memperkuat interaksi mereka dengan oposisi Hong Kong dalam beberapa bulan terakhir," kata surat kabar itu, menggambarkan hal tersebut sebagai "kolusi", seperti dilaporkan AFP, Senin (10/6/2019).

Global Times melaporkan, lebih dari 700.000 orang mendukung undang-undang melalui petisi online, "melawan protes sekitar 240.000 orang".

"Sayangnya, beberapa warga Hong Kong ditipu oleh kubu oposisi dan sekutu asing mereka untuk mendukung kampanye anti-ekstradisi," kata surat kabar itu.




Berita Lainnya

Presiden AS Ngamuk-ngamuk Usai Dibilang Idiot

26/06/2019 06:42 - Indah Pratiwi

Selandia Baru Diserbu Tikus Sebesar Kucing

25/06/2019 04:21 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA