Wednesday, 26 Jun 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

Masyarakat Diminta Dukung Penuh Pengesahan RUU Perlindungan Data Pribadi

Indah Pratiwi - 28/05/2019 13:54

Beritacenter.COM - Rancangan Undang-undang(RUU) perlindungan data pribadi kini masih dibahas oleh Dewan Perwakilan Rakyat(DPR). RUU tersebut masih ada di tangan pemerintah sepenuhnya.

"Kalau melihat pengalaman yang sudah-sudah, enggak yakin (selesai). Apalagi cuma empat bulan," kata Ahli digital forensik, Ruby Alamsyah di Jakarta, Senin(27/5/2019) malam.

Meski demikian, ia meminta dan berharap agar DPR mempercepat pengesahan aturan RUU tersebut lantaran sifatnya urgent atau penting. Industri menjadi poin penting dalam aturan perlindungan data pribadi.

Standar keamanan ini, kata dia, harus mengikuti apa yang tertera dalam aturan tersebut. Oleh itu, seluruh pemangku harus siap menjalankannya.

"Siapa pun yang berusaha dan/atau yang menjalani industri yang berkaitan dengan data pribadi, mau enggak mau, harus siap. Baik secara sistem maupun kemampuan sumber daya manusianya," tegas dia.

Dia menambhakan, untuk yang tidak siap, atau takut maka harus mundur. Saya sangat berharap RUU ini jauh lebih ketat. Ujung-ujungnya kan bagaimana data masyarakat ini tidak bocor dan jauh lebih aman," paparnya.




Berita Lainnya

Canggih, Robot Polisi Mulai Berjalan di AS

21/06/2019 12:01 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA