Saturday, 21 Sep 2019
Temukan Kami di :
Peristiwa

4 Kecamatan Terdampak, 59 Rumah Warga Diterjang Banjir Lebak Banten

Aisyah Isyana - 24/05/2019 06:55

Beritacenter.COM - Terdapat sedikitnya 59 rumah penduduk diterjang banjir di Kabupaten Lebak, Banten. BPBD Lebak mencatat, terdapat 20 unit rusak berat, 4 rusak ringan, dan 35 masih teredam banjir. Banjir juga mengakibatkan dua jembatan rusak hingga terputus.

"Beruntung, bencana itu tidak menimbulkan korban jiwa," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, seperti dilansir Antara, Kamis (23/5/2019).

Baca juga :

Terjangan banjir di wilayah itu terjadi sejak Rabu (22/5) malam, usai guyuran hujan deras yang mengakibatkan daerah aliran sungai (DAS) Cilaki, Cibeurih dan Ciberang meluap. Hujan deras diketahui mengguyur selama 3 jam, yakni pukul 16.00-19.00 WIB.

Alhasil, luapan sungai itu mengakibatkan empat kecamatan terendam banjir. Terjangan banjir bandang juga mengakibatkan kerusakan dibeberapa fasilitas sosial, diantaranya merusak pondok pesantren dan majelis taklim.

"Kami belum memperinci kerugian akibat bencana banjir bandang itu," kata Kaprawi.

Kaprawi menjelaskan, banjir bandang yang melanda empat kecamatan itu terjadi lantaran dilintasi lantaran daerah itu dilintasi aliran sungai yang sumber airnya dari kawasan taman nasional gunung halimun salak (TNGHS).

Keempat kecamatan yang terdampak banjir itu yakni Sajira, Muncang, Sobang, dan Cimarga. Diduga banjir bandang itu akibat kerusakan ekosistem alam, sehingga perlu dilakukan pelestarian dengan melakukan reboisasi penghijauan.

"Kami berharap ke depan bisa dilakukan gerakan penghijauan guna melestarikan alam itu," katanya.

Sejauh ini, pihak BPBD disebut Kaprawi telah menyalurkan bahan pokok kepada warga terdampak banjir. BPBD juga sudah mendirikan tenda pengungsian,termasuk dapur umum. Sebab, bencana banjir tersebut mereka warga kehilangan tempat kediamannya.

"Kami berharap warga bersabar dan pemerintah daerah akan mengalokasikan bantuan perbaikan rumah," katanya.




Berita Lainnya

Ratusan Rumah Ludes Terbakar di Bendungan

21/09/2019 09:19 - Indah Pratiwi

Gunung Merapi Semburkan Awan Panas

20/09/2019 23:50 - Dewi Sari

Kebakaran di Ruang Operasi RSUD Natuna

20/09/2019 22:55 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA