Tuesday, 11 Aug 2020
Temukan Kami di :
News

Potret Lelah Anggota Polisi Pengamanan Demo, Berbaring Istirahat di Jalanan

Aisyah Isyana - 23/05/2019 06:50

Beritacenter.COM - Aparat Polri dan TNI telah bersiaga dua hari berturut-turut mengamankan jalannya aksi demonstrasi didepan gedung Bawaslu. Meski saat ini bulan Ramadhan, mereka seolah-olah tak kenal lelah mengamankan jalannya aksi demonstrasi.

Sejumlah polisi yang berjaga dan bertahan disekitar gedung Bawaslu, telah merelakan waktu mereka untuk berkumpul bersama keluarga dirumah. Untuk sekedar beristirahat pun, mereka hanya dapat berbaring di jalanan disekitaran lokasi demo.

Baca juga :

Demi keutuhan bangsa Indonesia, mereka rela harus tidur dijalan hingga makan bersama anggota lainnya di jalanan. Kondisi itu tampak jelas digambarkan pada postingan akun Twitter @TMCPoldaMetro, Kamis (23/5/2019).

Pada foto yang diunggah, tampak sejumlah personel polisi berseragam lengkap tengah membaringkan badan mereka di sekitara Bundaran HI, Jakarta Pusat. Mereka menepikan sejenak perlengkapan kepolisiannya untuk sekedar mengistirahatkan tubuh.

Personel polisi itu tampak kelelahan setelah mengamankan jalannya aksi demonstrasi yang berlangsung hingga dini hari. Bahkan, tak sendikit diantara mereka yang terkena lemparan batu para demonstran, namun mereka tak bergeming dan tetap bersabar.

Sejauh ini, pihak kepolisian tetap melakukan upaya persuasif untuk menghadapi massa aksi. Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harrry Kurniawan, yang memimpin langsung pengamanan, menyebut polisi merupakan saudara dari massa aksi. Massa diminta tidak berlaku anarkistis.

"Silakan kalian pulang sebelum jatuh korban. Sudah cukup. Ini rumah kita. Ini rumah kita. Sudah, pulang. Kalian kami imbau untuk pulang sebelum jatuh korban," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan kepada massa lewat mobil pengeras suara yang terparkir di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) malam.

Dia meminta massa tak merusak fasilitas umum yang jelas akan merugikan masyarakat sendiri. "Polisi bukan musuh kalian. Kita semua bersaudara. Sudah, sudah. Cukup ya. Adik-adik semua, polisi bukan musuh kalian, polisi itu sahabat. Polisi sahabat kalian," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengapresiasi kepada petugas kepolisian yang berjaga mengamankan aksi. Gatot menyampaikan terima kasih atas semangat yang ditunjukkan para anggota.

"Alhamdulillah kegiatan hari ini aman, lancar, damai, kemudian kita sudah dari pagi dan tolong cek kembali rekan, jumlah personel, peralatannya, karena setelah ini kita buka lalin," kata Gatot memberi arahan apel konsolidasi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA